Kritik Kinerja Disdik, Legislator Kaltim Minta Pj Gubernur Evaluasi

Veridiana: Mohon Kiranya Dievaluasi Kinerja Perwakilan Disdik

0 103

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Ketua Komisi 3 DPRD Kaltim Veridiana Huraq Wang minta Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik, segera melakukan evaluasi terhadap program kerja pendidikan.

Hal ini menurutnya penting untuk dilakukan, terlebih dalam persoalan sarana prasarana pendidikan, agar terjadi pemerataan secara proporsional.

“Mohon kiranya bisa mengevaluasi program kerja pendidikan, terutama untuk sarana prasarana pendidikan. Supaya terjadi pemerataan secara proporsional antara daerah perkotaan, pinggiran, dan pedalaman,” tutur Veridiana ketika menginterupsi Rapat Paripurna (Rapur) Ke-41 DPRD Kaltim, Kamis (16/11/2023).

Legislator Daerah Pemilihan (Dapil) Kutai Barat dan Mahakam Ulu ini kemudian mengakui, sarana prasarana sekolah menengah negeri di Dapilnya masih sangat minim.

“Saya daerah Kubar dan Mahakam Ulu, untuk sarana prasarana sekolah menengah negeri masih minim, padahal anggaran wajib pendidikan 20 persen dari APBD,” terang legislator asal PDIP Kaltim itu.

Apabila APBD berkisar di Rp20 Trilyun, maka Rp4 Trilyun diantaranya terdapat di Dinas Pendidikan. Untuk itu menurutnya, sekolah-sekolah di daerah harus turut menikmati APBD yang sangat melimpah tersebut.

Seyogyanya harus dinikmati sekolah-sekolah di daerah, nyatanya masih banyak sarana prasarana sekolah yang sangat minim bahkan ada sekolah yang tidak punya pagar di pedalaman,” terangnya.

Baca Juga:

Selain itu, dengan kehadiran IKN di Benua Etam, ia meminta penguatan atas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk dapat bersaing dengan masyarakat dari luar daerah.

Lantas apabila fasilitas pendidikan tidak merata, evaluasi kinerja perwakilan Dinas Pendidikan menjadi sangat penting, sebab masyarakat tidak akan siap apabila tidak mampu bersaing.

“Bagaimana SDM kita bisa bersaing sementara fasilitas pendidikan kita tidak merata, mohon kiranya dievaluasi kinerja perwakilan Disdik. Penting pendidikan bagi masyarakat. Katanya harus siap, tapi bagaimana mau siap, kalau kita tidak mampu bersaing.” kritik Veridiana. (DETAKKaltim.Com/ADV/DPRD Kaltim)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 97 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!