Harapan Pj Gubernur Kaltim Terhadap Pesta Adat Lom Plai

Akmal: Lebih Mendunia

0 69

DETAKKaltim.Com, SANGATTA: Puncak pagelaran Pesta Adat dan Budaya Wehea Lom Plai digelar di Lapangan Sepak Bola Desa Nehas Liah Bing, Kecamatan Wahau, Kutai Timur (Kutim), Sabtu (20/4/2024).

Menurut Pj Gubernur Akmal Malik yang menghadiri kegiatan tersebut, Pesta Adat Lom Plai Wehea sangat potensial untuk mengangkat nama Kutai Timur ke kancah internasional.

“Atas nama pemerintah, kami sangat mengapresiasi acara ini. Ini adalah wujud komitmen kita untuk menjaga warisan seni budaya nenek moyang kita,” kata Akmal Malik.

Akmal Malik juga menyampaikan, pesta adat ini merupakan instrumen mengenalkan Kutai Timur untuk mengenalkan daerah ini di kancah nasional dan internasional.

“Bukan itu saja, pesta adat ini akan menjadi instrumen untuk mengenalkan Kutai Timur lebih jauh ke luar, nasional dan internasional,” sambung Akmal.

Lebih lanjut Akmal mengemukakan, sebagai bagian dari penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN), Kutai Timur perlu terus mengembangkan potensi seni budayanya. Pemkab Kutai Timur dan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di sana, juga diimbau memberi dukungan untuk pembinaan seni budaya setempat.

Ke depan, Akmal menyarankan agar Pemkab Kutai Timur berani menggelar event yang lebih menasional bahkan internasional. Misalnya mengundang seni budaya dari negara-negara lain yang hampir serupa, seperti Thailand, Jepang, dan China.

“Jadi sakralnya tetap kita jalankan, dan kita juga punya pembanding. Harapan kita festival budaya ini akan lebih mendunia dan menjadi aset dunia, karena ini sudah jadi warisan Unesco,” saran Akmal.

Baca Juga:

Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman berterima kasih atas perhatian Pemprov Kaltim, untuk mendukung pelaksanaan Pesta Adat Lom Plai Wehea.

Staf Ahli Bidang Pengembangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Masruroh mengatakan, Pesta Adat dan Budaya Lom Plai Wehea sudah menjadi agenda Kharisma Event Nusantara selama dua tahun berturut-turut.

“Kita nanti akan kerja bareng, agar skala Pesta Adat Lom Plai bisa lebih ke level nasional dan internasional,” sambung Masruroh.

Diharapkan dengan peningkatan skala itu, selain pelestarian dan pengembangan seni budaya terus lestari, ekonomi masyarakat Weheapun akan jauh meningkat.

Pj Gubernur Akmal Malik sempat meninjau sejumlah stan pameran, di arena pesta adat tersebut. (DETAKKaltim.Com)

Sumber: Rilis Hms

Editor: Lukman

(Visited 63 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!