Kunjungi Goa Kongbeng, Pj Gubernur Kaltim Sampaikan Kritik

Akmal: Tempatnya Bagus, Tapi Tidak Ada Toilet

0 52

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR: Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik mengunjungi situs cagar budaya Gua Kongbeng dan Gua Maria di Desa Kongbeng Indah, Kecamatan Kongbeng, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Sabtu (20/4/2024).

Kunjungan Pj Gubernur Kaltim itu dilaksanakan setelah menghadiri kegiatan Pesta Adat dan Budaya Lom Plai Wehea, di Lapangan Sepak Bola Desa Nehas Liah Bing, Kecamatan Muara Wahau, Kutim.

Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri itu mengaku, sangat kagum dengan keindahan Pegunungan Karst dan saat memasuki Goa Kongbeng atau Goa Angin.

“Wah sejuk sekali di sini, tidak perlu pakai AC,” canda Akmal saat memasuki Goa Kongbeng.

Area Goa ini diperkirakan memiliki tinggi sekitar 150 meter. Selain Goa Angin, ada juga Goa Patung, dan Goa Tengkorak.

Di dalam Goa, Akmal juga menyaksikan keindahan ornamen stalaktif dan stalakmit. Warga setempat mengatakan di Goa ini dulu terdapat sejumlah Arca, yang diperkirakan berasal dari masa Kerajaan Kutai abad Ke-4.

Sebagian Arca tersebut kini sudah diamankan di Museum Mulawarman, karena sebagian dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Akmal bahkan menyarankan agar Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, menggelar event wisata seni dan budaya untuk lebih mengenalkan Goa Kongbeng.

Selain itu, juga bisa dikibarkan Bendera Merah Putih dalam ukuran besar di puncak gunung bekerja sama dengan  para komunitas Panjat Tebing.

“Ini kekayaan yang harus terus kita promosikan,” kata Akmal lebih lanjut.

Satu kritik yang disampaikan Akmal, karena tempat wisata yang juga sangat digemari masyarakat Kongbeng, Muara Wahau, dan sekitarnya itu belum memiliki kamar kecil dan toilet.

“Ini sayang sekali. Tempatnya bagus, tapi tidak ada toilet. Akhirnya pengunjung kencing sembarangan,” kritik Akmal.

Baca Juga:

Usai mengunjungi Goa Kongbeng, Akmal juga menyambangi Goa Maria. Lokasinya hanya beberapa menit menggunakan kendaraan dari Goa Kongbeng. Pj Gubernur sangat mengagumi rapatnya endemis pepohonan Kaltim di kawasan Goa Maria. Ada Pohon Ulin, Kapur, Bangkirai dan lainnya.

“Pak Bupati (Ardiansyah Sulaiman), mungkin bisa diprogramkan untuk anak-anak pelajar kita sambil belajar ke Goa ini. Di sini masih banyak tumbuh pohon-pohon, yang sekarang sudah mulai jarang bisa kita temukan di kota. Seperti Pohon Ulin ini, Pak Dandim saja baru tahu ini,” canda Akmal lagi.

Saat peninjauan Goa di kawasan Gunung Kongbeng itu Pj Gubernur Akmal Malik didampingi Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dan Forkopimda Kutim, bersama tokoh masyarakat setempat. (DETAKKaltim.Com)

Sumber: Rilis Hms

Editor: Lukman

(Visited 47 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!