Ketua DPRD Bontang Sebut 77 Event Pemerintah Hanya Seremonial

Minta Tunjukkan Keberhasilan dengan Data, Andi Faizal: Tidak Ada Data

0 79

DETAKKaltim.Com, BONTANG: Selain lokasi yang dinilai monoton, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bontang Andi Faizal Sofyan Hasdam juga menyoroti pemerintah, yang tidak memiliki data peningkatan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19 dalam Program 77 Event.

Sejatinya, ia sangat mengapresiasi Pemerintah Kota Bontang yang berupaya meningkatkan ekonomi masyarakat secara mandiri melalui Program Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kendati demikian, ia menyayangkan puluhan program yang digaungkan pemerintah tidak memiliki data pasti. Sehingga tidak bisa mengetahui seberapa berpengaruhnya program yang digencarkan pemerintah, terhadap ekonomi masyarakat melalui UMKM.

Pun, menurutnya, program tanpa data bakal sia-sia jika tidak ada indikator keberhasilan pembangunan ekonomi masyarakat Kota Bontang pasca pandemi Covid-19.

Kita enggak tahu berhasil atau tidak karena enggak ada datanya. Bisa jadi di luar sana kita mengklaim Program 77 Event berhasil. Tapi, tidak ada data yang menyertai. Jadinya seperti omong kosong,” jelasnya.

Baca Juga:

Dikatakan Faiz, sapaan akrab Andi Faizal, kehadiran data sangat penting sebagai barometer keberhasilan program pemerintah. Sehingga saat menggelar evaluasi, pemerintah bisa jeli menyeleksi program mana yang sangat berpengaruh ataupun tidak terhadap perkembangan UMKM Bontang.

Tidak hanya itu, dengan adanya data bisa menjadi acuan pemerintah wilayah mana yang ekonomi UMKMnya berkembang pesat. Sehingga, ke depannya pemerintah bakal menyasar wilayah yang perkembangan ekonominya tertinggal.

“Jangan hanya mengklaim kalau program ini berhasil, tunjukkan dengan data di 15 Kelurahan Kota Bontang. Kalau ada kendala segera dibahas, jangan sampai program ini berjalan bertahun-tahun tapi tidak ada data yang menyertai.” serunya menandaskan. (DETAKKaltim.Com/ ADV/DPRD Bontang)

Penulis: Lb

Editor: Lukman

(Visited 70 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!