Bazar UMKM Kutim, Titik Ke-17 di Teluk Singkama

Ardinsyah: Untuk Meningkatkan Ekonomi Kerakyatan

0 87

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR: Pembukaan Bazar UMKM titik Ke-17 yang diisi oleh 20 peserta pelaku ekonomi kerakyatan di Lapangan Kantor Desa Teluk Singkama, Kecamatan Sangatta Selatan, dibuka Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman, Rabu (4/10/2023) malam.

Momen ini juga turut dimeriahkan dengan hiburan Tarian Tawai, yang dibawakan oleh Siswa SMA 2 Sangatta Selatan.

Dalam sambutannya, Ardiansyah mengatakan kegiatan ini akan terus berlanjut. Agar para UMKM bisa dikenal di masyarakat dan produksinya bisa meningkat.

“Kalau tidak ada ruang kita berikan ruang. Kalau hanya di rumah belum tentu mereka mendapatkan pasar. Jadi ini salah satu promosi untuk mendapatkan pasar. Salah satu tujuannya, kenapa hadirnya UMKM seperti ini supaya dikenal dan kemudian ada yang menilai, dan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kutim diberikan peningkatan pelatihan produknya, pelatihan manajemennya, hingga pelatihan-pelatihan akuntansi,” jelasnya.

Ia menambahkan, jadi sasaran sederhana untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yakni  transaksi yang dilakukan secara terus-menerus melalui UMKM.

“Kegiatan ini juga bersifat hiburan, tujuannya untuk memancing masyarakat datang. Yang kedua, ada kuliner yang kreatif dan lain-lain. Tujuannya adalah untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan, adanya peredaran uang di masyarakat dan ini menjadi salah satu pengendali daripada inflasi,” katanya.

Selanjutnya, sesuai dengan arahan Bapak Presiden RI Jokowi, selalu monitor terkait inflasi. Rencananya, Kutim dan Kukar akan diundang oleh Kementerian Keuangan.

“Kalau tidak salah ada reward  Rp9 Milyar, karena pertama aktif pelaporan dan yang kedua Kutim aktif melakukan kegiatan seperti ini,” urainya.

Berikutnya, Ardiansyah mengutarakan, Bazar UMKM ini sederhana saja kegiatannya. Tetapi ini yang betul-betul menjadi pengendali inflasi, karena uang beredar di tengah-tengah masyarakat.

Jadi ini salah satu tujuan kita, diharapkan kepada peserta yang hadir sekalian lebih banyak lagi pelaku-pelaku ekonomi mikro, pelaku ekonomi rumahan, pelaku ekonomi yang kemarin baru belajar usaha.

“Harapannya sangat utama sekali adalah meningkatnya ekonomi kerakyatan kita dan terus meningkat terus berputar terus, ada agenda terus ada kegiatan. Inilah yang menyebabkan, sebab mereka punya usaha rumahan,” terangnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kutim Darsafani menjelaskan, kegiatan UMKM sudah ke titik 17 dan ini merupakan rangkaian kegiatan Dinas Koperasi melakukan pelatihan terhadap usaha mikro menengah. Pemerintahpun dalam hal ini telah mengirim sebanyak 8 orang, untuk mengikuti pelatihan UMKM ke luar daerah.

“Jadi semua apa yang dilakukan oleh Dinas Koperasi untuk kemajuan UMKM maupun Koperasi. Alhamdulillah terus kita sampaikan. Koperasi juga kita berikan pelatihan, bukan hanya di dalam daerah tapi di luar daerah, untuk menjadi koperasi yang modern. Nanti terakhir, akan kita lakukan forum diskusi  daerah. Mendiskusikan seperti bersaing dengan yang ada di luar daerah,” bebernya.

Camat Sangatta Selatan Abbas mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah, karena promosi bazar UMKM di Kecamatan Sangatta Selatan telah dilaksanakan.

“Apalagi Desa Teluk Singkama terkenal dengan produk olahannya. Harapannya dengan kegiatan UMKM ini, dapat meningkatkan perekonomian yang ada di Kecamatan Sangatta Selatan pada umumnya dan khususnya di Desa Teluk Singkama,” kata Abbas.

Dinas Koperasi banyak kemajuan, lanjut Abbas, dan ia berharap kegiatan ini banyak manfaatnya.

“Jadi ini golnya untuk pelaku usaha dalam meningkatkan perekonomian di Kabupaten Kutim,.” tandas Abbas. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/ADV

Editor: Lukman

(Visited 86 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!