Sekretaris Komisi 3 DPRD Balikpapan Respon Robohnya Rumah Warga

Kamaruddin: Jangan Disepelekan

0 181

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN: Kamaruddin Ibrahim, Sekretaris Komisi 3 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan angkat bicara terkait musibah rumah roboh menimpa warga, di Perumahan Atas Air, Kelurahan Balikpapan Barat, kawasan Kampung Baru Tengah, beberapa waktu lalu.

Kamaruddin mengatakan, kejadian rumah roboh tersebut disebabkan oleh konstruksi bangunan yang kurang memenuhi standar pembangunan rumah.

Terlebih pada konstruksi bangunan kayu yang dijadikan beton, sehingga bebannya tidak sesuai dengan penyangga yang ada di bawah rumah.

Namun demikian, lanjutnya, kondisi amburuknya bangunan rumah ini juga bisa jadi disebabkan oleh faktor alam. Kemudian ditamba pemeliharaan warga, yang kurang terhadap suatu bangunan rumah.

“Bisa disebut faktor cuaca angin kencang, sehingga menghasilkan ombak-ombak yang besar dan menghantam kayu-kayu penyangga rumah,” kata Kamaruddin, Selasa (12/9/2023).

Baca Juga:

Ia juga menceritakannya bahwa ia sempat memilik rumah di atas air. Akan tetapi ia sangat memperhatikan kondisi penyangga rumahnya tersebut. Hal itu guna mengantisipasi terjadinya rumah ambruk.

Mengantisipasi hal serupa terjadi kembali, Kamaruddin menghimbau kepada warga yang mempunyai rumah di atas air, terkhusus bangunan yang sudah berpuluh tahun dibangun. Untuk mengecek kondisi kayu-kayu penyangga bawah rumah, yang biasa rentan dimakan binatang laut.

“Saya kira perlu untuk diperhatikan memang kondisi rumah yang dibangun atas air, jangan disepelekan. Kayu-kayu penyangga rumah di bawah yang sudah dimakan Kapang/ Tiram perlu diperiksa lagi untuk diperkuat.” tandas Kamaruddin. (DETAKKaltim.Com/Adv.)

Penulis: Jamil/Roni S

Editor: Lukman

(Visited 173 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!