Anggota DPRD Balikpapan Dorong Pemkot Kelola Potensi PAD Kebun Raya

Oddang: Balikpapan Ada Kebun Rayanya

0 174

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan mendorong pemerintah menggali potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD), khususnya potensi Kebun Raya Balikpapan yang status lahannya milik Pemerintah Kota.

Anggota Komisi 3 DPRD Balikpapan Syarifuddin Oddang menuturkan, terdapat sejumlah potensi yang jika dibiarkan akan terbengkalai. Untuk itu, UPTD Kebun Raya Balikpapan mengajukan surat untuk Perda revisi retribusi. Hal tersebut bertujuan agar potensi Retribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD), tidak hanya di Pantai Manggar, melainkan juga di Kebun Raya.

“Dalam beberapa kunjungan masyarakat ke objek wisata ini ada retribusinya, sehingga menghasilkan Pendapatan Asli Daerah,” ujar Oddang, Selasa (5/9/2023).

Oddang juga berharap Pemerintah Kota Balikpapan bisa lebih memastikan, Kebun Raya milik Pemkot Balikpapan. Karena ada lahan-lahan penyangga, yang bukan milik Kebun Raya Balikpapan.

“Ini perlu dipertanyakan, jangan sampai menjadi masalah yang kian memanjang dan kalaupun dibebaskan lahannya oleh pemerintah itu sudah pasti harganya terlalu tinggi,” ungkap Oddang.

Baca Juga:

Kemudian, dalam pembangunan infrastruktur, Komisi 3 menghimbau untuk segera mengajukan akses jalan. Infrastruktur di dalam Kebun Raya ini bertujuan untuk menunjang jalannya aktivitas rutin, dan kegiatan Kebun Raya.

“Agar masyarakat Kota Balikpapan maupun dari luar bisa tahu, bahwa di Balikpapan ada Kebun Rayanya,” bebernya.

Lokasi Kebun Raya Balikpapan yang merupakan bagian kawasan yang berada di dalam kawasan Hutan Lindung Sungai Wain, ditunjuk sebagai Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KDTK) berbentuk Kebun Raya.

Sebelumnya, status kawasan hutan milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Kemudian milik Pemerintahan Provinsi Kaltim, dan pengelolanya sekarang Pemerintah Kota Balikpapan. (DETAKKaltim.Com/Adv.)

Penulis: Jamil/Roni S

Editor: Lukman

(Visited 171 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!