Peradah Festival Day 2023 Ditutup Wakil Gubernur Kaltim

Hadi Minta Peradah Bertanggung Jawab Jaga NKRI

0 638

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (Peradah) Kaltim menggelar kegiatan Peradah Festival Day 2023 mulai, 6 Agusutus dilanjutkan 12-13 Agustus 2023 yang dipusatkan di Pura Jagat Hita Karana, Jalan Sentosa, Kota Samarinda.

Kegiatan bertema Memperkuat Persaudaraan Melestarikan Kebudayaan Melalui Dharma Cita itu ditutup Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Minggu (13/8/2023) sekitar Pukul 18:02 Wita.

Hadi mengawali sambutannya sebelum menutup kegiatan dengan melontarkan 7 buah Pantun, yang langsung mencairkan suasana. Salah satunya terkait kegiatan ini, memperkokoh persatuan.

“Alhamdulillah, sebenarnya Pantun yang penting tadi Pantun Ketiga. Kalau ingin Indonesia jaya, jaga persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Hadi yang disambut tepuk tangan meriah ratusan warga Suku Bali, yang berdomisili di sejumlah Kabupaten/Kota di Kaltim.  

Hadi berpesan, perbedaan jangan sampai membuat negeri ini menjadi hancur. Berdasarkan sejarah, Indonesia didirikan oleh suluruh elemen bangsa. Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, pemuda-pemuda Indonesia lintas pulau, agama, suku, berkumpul di Jakarta dengan satu tekad mempersatukan Indonesia.

“Satu tanah air, satu banga, satu Indonesia,” kata Hadi seraya menambahkan, 17 tahun setelah itu Indonesia merdeka.

Bulan ini Indonesia telah merdeka 78 tahun, kata Hadi lebih lanjut, banyak negara yang tidak sampai 70 tahun telah bubar. Iapun mencotohkan beberapa negara, salah satunya Uni Sovyet yang pecah menjadi 15 negara pada usianya yang Ke-69 tahun.

Namun Indonesia, lanjut Hadi, terdiri dari lebih 17 ribu pulau, 38 Provinsi, 514 Kabupaten/Kota, 500 lebih suku bangsa, 6 agama bersatu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Oleh karena itu, Peradah bertanggung jawab menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Hadi.

Iapun menyampaikan, senang karena acara ini dihadiri pemuda lintas agama. Menurutnya, tidak ada yang penting dalam pertemuan hari ini kecuali menjaga semangat persatuan.

Baca Juga:

Sebelumnya, Ketua Panitia Peradah Festival Day 2023 I Kadek Bayu Santika menyampaikan, festival ini berisi kegiatan olahraga, kegiatan non akademik, dan kegiatan Bidang Keagamaan untuk meningkatkan dan mengeluarkan potensi-potensi yang dimiliki Pemuda Hindu.

Menurut I Kadek Bayu Santika, Peradah Festival Day 2023 dilaksanakan tiga hari. Pertama dengan menggelar jalan santai bersama masyarakat dan organisasi di sekitar Peradah.

Kemudian kegiatan pertandingan Futsal, dan Bulutangkis. Seminar Kewirausahaan untuk meningkatkan kapasitas Pemuda Hindu yang berada di Kaltim, berkolaborasi dengan Dispora Kaltim.

“Hari terakhir dari pagi hingga tengah hari dilakukan Perlombaan Dharmawacana, Sloka untuk meningkatkan spiritualitas Pemuda Hindu,” jelas I Kadek Bayu Santika.

Iapun berharap agenda ini terus berlanjut, dan bisa berkolaborasi dengan elemen yang ada di tengah masyarakat sekaligus untuk memperkenalkan budaya Hindu dan bisa berbaur bersama dengan elemen masyakat.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan Piala bagi para pemenang pertandingan dan perlombaan, yang diserahkan Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: LVL

(Visited 154 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!