Bagikan Bantuan ke Petani, Samsun Diapresiasi Gapoktan di Kukar

Mukidi: Banyak Bantuan Pertanian Yang Terealisasi

0 454

DETAKKaltim.Com, KUTAI KARTANEGARA: Sektor Pertanian mempunyai peran strategis dalam mendukung perekonomian nasional, utamanya juga pada mewujudkan ketahanan pangan, peningkatan daya saing, penyerapan tenaga kerja dan penanggulangan kemiskinan. Dengan demikian pembangunan Pertanian merupakan bagian dari pembangunan ekonomi nasional secara utuh.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Muhammad Samsun memahami betul, pentingnya pembangunan ketahanan pangan terkhusus di Bumi Etam. Sehingga ini yang menjadi fokus pihaknya, untuk bagaimana pemerintah memaksimalkan dukungan terhadap Sektor Pertanian.

Fokus Samsun tersebut juga mendapat apresiasi dari salah satu anggota Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Desa Mekar Jaya, Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, Mukidi.

“Alhamdulilah sudah banyak bantuan Pertanian yang terealisasi dari aspirasi kami di Desa Mekar Jaya, karena bantuan Wakil Ketua DPRD Muhammad Samsun,” kata Mukidi.

Mukidi mengisahkan, Muhammad Samsun memang sering melakukan kunjungan di Desa Mekar Jaya, kemudian sejak tahun 2019 telah banyak aspirasi yang terealisasi. Di antaranya pembuatan 14 pintu air, bantuan racun hama, pupuk tanaman, hingga mesin dan alat Pertanian (Alsintan).

“Kami di sini sudah ibarat anak yang selalu diupayakan kebutuhannya agar terpenuhi, dalam hal ini berkaitan pembangunan Sektor Pertanian,” sebut Mukidi.

Muhammad Samsun mengaku bersyukur karena banyak menerima respon baik dari masyarakat, khususnya Petani di Kukar.

“Inilah fungsi kita sebagai wakil rakyat, adalah mewakili rakyat untuk bagaimana mencari solusi atas kesulitan yang dialami rakyat,” kata Samsun.

Baca Juga:

Dengan fungsi wakil rakyat, salah satunya mencari solusi bukan hanya sekedar fungsi dan membuat regulasi. Namun juga bisa mendapatkan solusi, untuk mengatasi bagian dari kesejahteraan rakyat.

“Alhamdulilah hari ini ada sekitar 126 ton Pupuk dari Pemkab Kukar yang kita bagikan kepada masyarakat Petani, yang tersebar di wilayah Kabupaten Kukar,” kata Samsun saat melakukan penyerahan bantuan Pupuk kepada Petani di Desa Mekar Jaya.

Bukan hanya Pupuk, Samsun mengungkapkan juga mengupayakan berbagai bantuan lainnya kepada para Petani di Kukar.

“Selain Pupuk, kita juga mengupayakan bantuan dari pemerintah yakni penyaluran bantuan Cultifaktor dan Handtraktor. Alhamdulilah, telah banyak terealisasi diberikan kepada Kelompok Tani (Poktan) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan),” sambung Samsun.

Upaya yang pihaknya terus suarakan kepada pemerintah sebagai wakil rakyat dari Daerah Pemilihan Kukar, untuk membantu meringankan beban para Petani dalam produktifitasnya.

“Kita terus suarakan demi ketahanan pangan khsusunya di Bumi Etam, agar pemerintah melalui APBD Kabupaten/Kota, Provinsi maupun APBN bisa terus diberikan. Insya Allah mudahan bermanfaat dan ada berkatnya.” tandas Samsun.

Untuk penerima bantuan Pupuk Organik atau Hayati Granul yang diberikan Pemerintah Kabupaten Kukar melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar, kepada Petani-Petani di Kelurahan yang ada di Kukar, setidaknya sekitar 492.300 Kilogram alias 492,3 ton. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Ij

Editor: Lukman

(Visited 49 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!