UMKM Diakui Anggota DPRD Kaltim Penyumbang Terbesar Perekonomian

Ely: Saat krisis, UMKM Menunjukkan Kuasanya

0 132

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Sebesar 90 persen Sektor Perekonomian di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) didominasi oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sementara 10 persen sisanya ditempati oleh investasi dan dunia usaha.

Hal ini disampaikan anggota Komisi 2 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Ely Hartati Rasyid. Menurutnya, sektor UMKM ke depan lebih unggul, dibandingkan dengan sektor yang bergantung pada Sumber Daya Alam (SDA).

“UMKM itu berpotensi menjadi sektor unggul yang akan meningkatkan ekonomi sebagai pengganti SDA. Saat krisis, UMKM menunjukkan kuasanya. Hampir 90 persen ekonomi kita dari UMKM, hanya 10 persen saja dari investasi besar dan usaha besar,” papar Ely, Selasa (7/2/2023).

UMKM menurut legislator PDIP DPRD Kaltim tersebut, termasuk ke dalam sektor anti krisis. Dalam artian, akan tetap tumbuh di tengah-tengah masyarakat, apapun situasi dan kondisi yang terjadi.

“Para pelaku UMKM ini bisa bertahan dan beradaptasi dengan baik di masyarakat. Karena resistensinya luar biasa kuat terhadap isu-isu ekonomi dunia. UMKM itu juga termasuk pondasi besar bagi perekonomian. Karena 80 hingga 90 persen penyumbang ekonomi kita dari pergerakan UMKM,” urai Ely.

Mengingat peran penting UMKM ini, politisi Karang Paci itu meminta kepada pemerintah untuk terus mendorong UMKM, guna berperan serta bagi Provinsi Kaltim.

“Resistensi UMKM ibarat ikan kecil di kolam yang geraknya terbatas. Kalau masuk pemain baru ‘ikan besar’, ikan kecil ini akan habis. Mereka wajib dilindungi,” beber Ely.

Anggota DPRD Kaltim Daerah Pemilihan Kutai Kartanegara itu berharap, UMKM sebagai pijakan dan sandaran ekonomi Indonesia dapat membuat Kaltim tidak lagi bergantung dengan SDA ataupun bahan-bahan import.

“Kalau UMKM kita kuat, maka produk yang kita pakai sehari-hari dan dikonsumsi masyarakat itu bisa dihasilkan dengan mudah. Kita kuat jika bisa mandiri secara ekonomi dan tidak tergantung lagi pada bahan import dan bahan-bahan luar.” tutupnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa/Adv.DPRD Kaltim

Editor : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!