Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 611/Awl Bersama Warga Papua Panen Raya

Letkol Inf Albert : Hasil Program Ketahanan Pangan

0 64

DETAKKaltim.Com, PAPUA : Sukseskan Program Ketahanan Pangan, Satgas Yonif 611/Awang Long (Awl) Kodam VI/Mulawarman (Mlw) bersama warga Papua laksanakan panen raya di Kebun Ketahanan Pangan, Pos Toray, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 611/Awl, Kampung Toray, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Kamis, (29/4/2021).

“Kegiatan ketahanan pangan yang dilakukan oleh Satgas Yonif 611/Awang Long ini, sebagai upaya memantapkan ketersediaan pangan yang bersumber dari produksi lokal, sekaligus mengantisipasi pengurangan jumlah penduduk rawan pangan,” jelas Dansatgas Yonif 611/Awang Long Letkol Inf Albert Frantesca dalam rilis tertulisnya di Merauke.

Ia menjelaskan, pemerintah melalui Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian saat ini menyiapkan 7 program  penguatan ketahanan pangan, yaitu pembangunan food estate, pengembangan pengelolaan lahan, pengembangan kawasan hortikultura, kemitraan inklusif Closed Loop pada komoditas hortikultura, pengembangan 1.000 Desa Sapi program untuk peningkatan populasi dan produktivitas Sapi, pengembangan industri Rumput Laut nasional, pengembangan koperasi Petani dan Nelayan.

“Dari salah satu program pemerintah tersebut, yang dapat kita lakukan adalah pengembangan pengelolaan lahan yang dapat dijadikan lahan untuk bertani secara mendiri, sehingga dengan terciptanya kemandirian pangan akan memperkuat ketahanan rumah tangga masyarakat, dan pada ujungnya akan memperkuat ketahanan nasional,” jelas Dansatgas.

Di samping itu, lanjut dia, jika produktivitas ketahanan pangan bisa ditingkatkan maka pendapatan masyarakat perbatasan yang bertani akan meningkat juga.

“Pastinya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat perbatasan yang bertani,” tambahnya.

Pos Toray yang dipimpin Letda Inf Somad sebelum melaksanakan panen raya, terlebih dahulu mengadakan penyuluhan pertanian kepada warga Kampung Toray.

“Panen pangan ini merupakan panen perdana yang kami laksanakan bersama masyarakat Kampung Toray, kebun ini berisi tanaman-tanaman seperti Jagung Manis, Mentimun, Kacang Panjang, dan Sayur Pare,” ujar Danpos Toray.

Lebih lanjut diungkapkan, hasil dari panen kali ini nantinya langsung diserahkan kepada warga.

“Semoga dengan hasil ini, sedikit membantu kebutuhan dapur mereka.” ungkap Danpos Toray menandaskan.

Mama Suzana (45) warga Kampung Toray merasa senang dengan panen ini, dan mengucapkan terima kasih banyak khususnya kepada Satgas Yonif 611/Awl atas kegiatan ini.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, anggota Pos Toray Satgas Yonif 611/Awl dan masyarakat Kampung Toray. (DK.Com)

Sumber : Penrem 091/ASN

Editor    : Lukman

(Visited 4 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!