Sambut IKN, Wakil Ketua DPRD Kaltim Dorong Petani Tingkatkan Produktifitas

Ke Depan Samsun Perkirakan 6 Juta Penduduk Baru Masuk Kaltim

0 149

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Sektor Pertanian terus diberikan perhatian khusus oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun.

Kali ini, politisi yang berasal dari PDI Perjuangan tersebut mendorong kepada seluruh Petani di Benua Etam, untuk meningkatkan produktifitas hasil Pertanian.

Hal tersebut menurutnya sangat penting untuk dilakukan, dalam rangka menyongsong perpindahan penduduk menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

 “Petani Kaltim kami dorong agar terus meningkatkan produktifitas hasil pertaniannya, karena ke depan kebutuhan hasil Pertanian Tanaman Pangan tentu semakin besar,” terang Samsun, Selasa (24/1/2023).

Legislator tersebut mengatakan, ia akan terus mendukung penuh seluruh program yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Katim, dalam menguatkan Sektor Pertanian, Tanaman Pangan, hingga Hortikultura.

Baca Juga :

Terlepas dari pada persoalan pupuk, ia menilai masyarakat Petani juga sangat membutuhkan bantuan, berupa alat serta mesin Pertanian.

 “Seperti di Panca Jata, kebutuhan prioritas Petani terhadap Alsintan Bajak Kering dan Mesin Panen. Harusnya ada 4 sampai 5 mesin dalam sekali panen, sehingga Petani masih membutuhkan 2 sampai 3 Alsintan,” bebernya.

Besar harapan Samsun agar para Petani Benua Etam dapat berpikir jernih dengan tidak menjual tanah, kebun, dan sawah yang dimiliki untuk keperluan Tambang.

“Bisa dilihat sendiri hasil Pertanian jauh lebih luar biasa, dibanding hasil jual tanah ke Perusahaan Pertambangan. Belum lagi masyarakat akan terkena dampak lingkungan, dari kegiatan Pertambangan,” tegasnya.

Ia memperkirakan ke depan akan ada lonjakan penduduk yang datang ke Provinsi Kaltim. Hal ini tentu dapat menjadi peluang besar bagi seluruh Petani, untuk meningkatkan pemasaran.

  “Sekitar 1,5 Juta PNS, TNI Polri pindah ke Kaltim, yang pasti mereka membawa keluarga dan diperkirakan ada 6 juta penduduk baru yang nantinya masuk ke Kaltim. Ini menjadi peluang besar bagi Petani pangsa pasarnya jelas,” tuturnya.

Melihat seluruh hal tersebut, Samsung yang terpilih dari Daerah Pemilihan Kutai Kartanegara optimis daerah Muara Kaman yang berada di Kabupaten Kutai Kartanegara yang diwacanakan menjadi lumbung pangan, bukan lagi sekedar angan-angan. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Lisa/Adv.DPRD Kaltim

Editor   : Lukman

(Visited 3 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!