RDP BPKAD Komisi 2 DPRD Balikpapan Ungkap Persoalan Aset Daerah

Taufik : Aset Belum Dibuatkan Legalitas

0 92

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Komisi 2 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah  (BPKAD) di Ruang Komisi 2, Selasa (11/10/2022).

Taufik Qulrahman, Anggota Komisi 2 menjelaskan pertemuan bersama BPKAD terkait dengan pendapatan dan anggaran yang selama ini berjalan.

“Termasuk dengan aset Pemerintah Kota yang sudah habis masa jangka waktunya,”  kata Taufik.

Kemudian, lanjut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu. Adanya temuan-temuan pada saat Pansus Aset dibentuk, ditemukan beberapa aset Pemerintah Kota yang terbengkalai.

“Lebih parahnya, aset yang dimiliki Pemerintah Kota belum dibuatkan legalitas kepemilikan yang sah (sertifikat),” sambung Taufik.

Taufik juga mengungkapkan, tidak hanya dengan kelengkapan legalitas. Bahkan ada beberapa aset pemerintah yang ditempati oleh pihak lain, namun tidak dibayar pajaknya.

Baca Juga :

“Dampak dari semua ini, dengan mudahnya pihak-pihak luar mencoba untuk menguasai yang jelas-jelas aset milik pemerintah,” bebernya.

Dari berbagai persoalan tersebut, Taufik mempertanyakan bagaimana mengejar target yang disampaikan Ketua DPRD Rp1,1 triliun dapat tercapai.

“Jadi berbicara kerugian, jelas nilainya tidak sedikit,” paparnya.

Mestinya, masih kata Taufik, yang menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemerintah Kota terus mengalir dan bertambah. Namun kenyataannya tidak dilakukan tindakan-tindakan nyata, seperti perpanjangan kontrak-kontrak baru.

“Datanya jelas, dan ini sudah jadi benang kusut yang harus dibenahi semua.” tegas Taufik menandaskan. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!