Pendistribusian Vaksin Utamakan Dua Daerah di Kaltim

Samarinda Terima Jatah 12 Ribu Dosis Vaksin

0 54
DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Berubah rencana Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim yang memprioritaskan dua daerah sebagai penerima Vaksin. Samarinda dan Kutai Kartanegara adalah daerah yang menerima terlebih dahulu, sehingga dari distribusi Vaksin yang diperoleh untuk Kaltim sebanyak 25.520 dosis Vaksin, khusus Samarinda sendiri menerima jatah sebanyak 12 ribu dosis Vaksin.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Samarinda Ismed Kusasih menyebutkan, Kamis (14/1/2021) mendatang pelaksanaan permulaan Vaksin.

“Nanti seremonialnya di Rumah Jabatan Wali Kota Samarinda. Sesuai dengan Juknisnya, ada beberapa tokoh publik, para Forkompimda dan Nakes,” terangnya.

Pada Selasa (12/1/2021) distribusi Vaksin sudah dibagikan, Dinkes Samarinda telah memindahkan barang tersebut dari Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Kaltim, ke dua tempat yaitu Puskesmas Samarinda Kota dan di Gudang Farmasi Dinkes Samarinda yang terletak di Jalan Markisa.

Sesuai dengan arahan dari Pemerintah Pusat untuk Vaksin tahap pertama diutamakan bagi para tenaga kesehatan (Nakes) yang berhubungan erat dengan pasien positif Covid-19 dan sesuai dengan persyaratan, bisa menerima di masing-masing tempatnya bekerja.

“Karena dosis untuk satu orang dua botol, putaran keduanya 15 hari ke depan,” katanya lagi.

Ia juga meyakinkan bahwa distribusi Vaksin yang diterima dapat memenuhi kebutuhan dari banyaknya tenaga kesehatan di Samarinda.

“Dalam persyaratan Nakes yang sudah pernah positif Covid-19 kan tidak menerima lagi, selain itu juga ada batasan umur,” sebutnya.

Dinkes Samarinda juga tengah melakukan pendataan untuk tenaga kesehatan, yang akan menerima dengan memenuhi persyaratan.

Ismed berharap, meskipun dalam tahap pertama ini baru tenaga kesehatan yabg diutamakan, namun seluruh masyarakat juga perlu mendaftarkan diri sebagai calon penerima Vaksin.

“Agar bisa mencapai heard immunity 70 persen dari seluruh warga Samarinda,” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : nta

Editor   : Lukman

(Visited 3 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!