Menjaga Pemulihan, BNNP Kaltim Kunjungi Klien Pasca Rehabilitasi

0 80

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltim melaksanakan kegiatan Home Visit, atau kunjungan pendampingan ke rumah klien pasca rehabilitasi bagi korban penyalahguna Narkoba yang telah selesai mengikuti progam rehabilitasi, Rabu (22/2/2017).

Tim konselor BNNP Kaltim Andi Citra Wira, Muara Fernando Siburian, M Ermansyah mendatangi salah satu klien di kawasan Jln Suryanata Samarinda.

Andi Citra Wira, satu di antara beberapa konselor BNNP Kaltim. (foto:1st)

“Kegiatan ini merupakan rangkaian dari rehabilitasi berkelanjutan dengan tujuan pendampingan menjaga pemulihan serta tidak hanya berfungsi memonitor dan memotivasi klien dan keluarga saja, akan tetapi dapat memfasilitasi klien kepada sumber-sumber yang ada, guna memecahkan masalah-masalah, atau hambatan yang sedang dialami klien,” ujar Kepala BNNP Kaltim Brigjen Pol Drs Sufyan Syarif MH melalui Andi Citra Wira.

Kegiatan ini dilakukan secara terjadwal dan berkala maupun sesuai dengan kebutuhan dari klien dan keluarga. Selama di rumah klien, pendamping atau konselor berkomunikasi dan memantau langsung tidak hanya dengan klien saja, akan tetapi juga berkomunikasi dengan orang tua, pihak keluarga dan siapapun yang ada di rumah termasuk warga sekitar, untuk menanyakan seputar perkembangan klien, hambatan-hambatan apa saja yang dirasakan oleh klien serta dukungan-dukungan apa saja yang dibutuhkan oleh klien.

Selain itu pendamping memberikan informasi maupun edukasi kepada klien, keluarga maupun masyarakat sekitar, edukasi yang dapat diberikan seperti pemahaman adiksi, karakteristik penyalahguna, bentuk-bentuk dukungan yang dapat diberikan dan lainnya.

Orang tua klien sangat senang atas kunjungan dari pihak BNNP Kaltim karena membantu menjaga pemulihan anaknya.

“BNNP Kaltim hanya memfasilitasi namun tugas menjaga pemulihan sepenuhnya oleh klien sendiri dan pihak keluarga,” ujar Muara Fernando Siburian kepada orang tua klien tersebut.

Selain melakukan kunjungan ke klien, BNNP Kaltim juga menyediakan pusat informasi (hotline). Fasilitas ini merupakan salah satu bagian yang dibutuhkan klien untuk mendapatkan informasi-infomasi terkini dengan cepat, jika klien sedang menghadapi krisis. (LVL)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!