Sertijab 3 Dandim, Danrem 091/ASN : Perangi Secara Serius Masalah Narkoba

0 602

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Danrem 091/ASN Brigjen TNI Makmur Umar MAP MM bertindak sebagai Inspektur Upacara pada serah terima jabatan Dandim 0902/Tanjung Redeb Letkol  Czi Slamet Santoso SE kepada Letkol Cpn Rony Nuswantoro SE, Komandan Kodim 0903/Tanjung Selor dari Letkol Inf Dannie Hendra kepada Letkol Inf Budi Permana SIP dan Komandan Kodim 0906/Tenggarong dari Letkol Kav Ari Pramana Sakti SIP kepada Letkol Inf Jansen Nainggolan MSC, di Hall Makorem Jln Gajah Mada, Samarinda, Kalimantan Timur, Jum’at (17/3/2017) pagi.

Acara pokok penyematan tanda pangkat dan tanda jabatan komandan, serta penyerahan tongkat komando yang dilakukan oleh Danrem 091/ASN  Brigjen TNI Makmur Umar, dirangkaikan dengan penandatanganan naskah serah terima jabatan komandan dan juga pembacaan serta penanda tanganan Pakta Integritas. Usai acara pokok, dilanjutkan acara tradisi penciuman Dhuaja Korem 091/ASN oleh masing-masing pejabat baru maupun mantan pejabat lama.

Penandatanganan naskah serah terima jabatan. (foto:LVL)

Dalam amanatnya, Danrem 091/ASN mengatakan bahwa serah terima jabatan maupun alih jabatan di lingkungan TNI AD seperti yang kita laksanakan sekarang ini,  pada dasarnya merupakan bagian dari upaya Pimpinan TNI AD untuk meningkatkan kualitas pembinaan satuan, pemantapan manajemen organisasi serta pembinaan karier personel TNI-AD agar dapat mengembangkan profesionalismenya.

“Jabatan Komandan Kodim merupakan jabatan yang memiliki tugas dan tanggung jawab menyelenggarakan pembinaan teritorial, sebagai salah satu fungsi utama TNI AD dalam rangka menyiapkan potensi wilayah menjadi kekuatan wilayah guna kepentingan pertahanan Negara,” sebut Danrem.

Selain itu, lanjutnya, Dandim juga mengemban fungsi dalam rangka pembinaan satuan, guna meningkatkan kinerja, profesionalisme prajurit serta memelihara moril dan kesejahteraan anggota.

“Untuk itu setiap pejabat Dandim harus mampu membuat perencanaan dan pembinaan potensi wilayah, serta bekerja sama dengan pemerintah daerah dan komponen masyarakat lainnya secara terpadu dan berkesinambungan,” tegasnya.

Danrem juga memberikan atensi bagi pejabat Dandim yang baru dalam pelaksanaan tugasnya ke depan, di antaranya tentang masalah penyalahgunaan Narkoba. Dikatakannya, Narkoba merupakan ancaman yang nyata bagi ketahanan bangsa. Penyalahgunaan Narkoba di tengah-tengah masyarakat sudah sangat meresahkan, bahkan sudah masuk pada seluruh tingkat kehidupan sosial, sehingga menjadi sulit untuk dideteksi pergerakannya.

“Untuk itu saya perintahkan kepada Komandan Kodim agar memerangi secara serius permasalahan Narkoba, lakukan tindakan pencegahan penyalahgunaan Narkoba baik itu di internal dan eksternal satuan masing – masing, koordinasikan Polri dan BNN dalam penanganannya,” tegasnya lagi.

Danrem juga menyinggung tentang permasalahan terorisme, dan tidak kalah pentingnya adalah pengawasan terhadap orang asing (POA).

“Seperti kita ketahui bersama di wilayah Provinsi Kaltim merupakan salah satu daerah tujuan masuknya tenaga kerja asing secara illegal, sehingga apabila permasalahan tersebut tidak diantisipasi dengan baik akan berdampak pada persoalan sosial, politik, ekonomi dan keamanan di wilayah,” imbuhnya.

Kepada para pejabat Komandan Kodim terkait dengan komitmen dalam rangka mewujudkan clean goverment dan good governance di dalam tubuh organisasi TNI AD, Danrem menekankan, hendaknya pelaksanaan program dan pengelolaan anggaran yang dipertanggung jawabkan kepada kita dilakukan secara konsisten. Untuk dapat menjalankannya, kuncinya adalah melaksanakan fungsi pengawasan dan pengendalian serta komunikasi yang baik pada semua tingkatan satuan dengan ketat, terus menerus, tegas dan tanpa kompromi, serta selalu berkoordinasi kepada lembaga pengawasan seperti Inspektorat Kodam (Itdam) yang mengemban fungsi pengawasan dan pemeriksaan.

Pejabat lama Letkol  Czi Slamet Santoso SE menjabat jabatan baru Wakazidam VI/Mulawarman, Letkol Inf Dannie Hendra menjabat Kasbrigif-24/BC Kodam VI/Mulawarman, dan Letkol Kav Ari Pramana Sakti SIP menjabat Kasdim 0905/Balikpapan Kodam VI/Mulawarman.

Hadir pada upacara tersebut antara lain Para Kasi Korem 091/ASN, para Dandim jajaran Korem 091/ASN,  para Komandan Satuan dan Kabalak, Perwira, Bintara, Tamtama, PNS dan Ketua serta ibu-ibu pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 091 PD VI/Mulawarman. (Penrem 091/ASN/LVL).

(Visited 104 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!