Ketua DPRD Balikpapan Raih Penghargaan Green Leadership 2020

Abdulloh : Balikpapan Memiliki Keterkhususan Dibanding Kota Lain

0 196
DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Dalam pelaksanaan HUT Ke-124 Kota Balikpapan yang jatuh pada tanggal 10 Februari 2021, Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh mendapatkan penghargaan Green Leadership Tantra Tahun 2020.

Penghargaan tersebut merupakan kado istimewa yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, Rabu (10/2/2021).

Saat ditemui awak media di rumah dinasnya, Abdulloh menyampaikan ada sekitar 420 kota yang mengikuti pemaparan Green Leadership 2019 di Jakarta. Persaingan yang sangat ketat, hingga pada puncaknya Ketua DPRD Balikpapan mampu memberikan yang terbaik dan mampu mengalahkan Kota Surabaya, yang selama ini penghargaan tersebut berada dalam genggamannya.

“Selain sukses dalam keberhasilan menjaga lingkungan hidup, namun ditunjang pula bahwa Balikpapan sepakat serta semangat, mampu mengimplementasikan dalam hal mengalokasikan anggaran khusus pada saat di lapangan, baik di sektor Kelautan, Udara, Hutan maupun pemukiman yang tentu saja berkaitan dengan lingkungan hidup,” jelasnya.

Baca juga : Komisi 3 DPRD Balikpapan Dukung Pembangunan Flyover Rapak

Ini semua didapatkan, kata politisi Partai Golkar ini lebih lanjut, bukan sekedar teori semata saja dan tidak ada strategi khusus. Namun berdasarkan pengalaman serta kemampuan dalam mengikuti Green leadership pada saat itu.

“Balikpapan memiliki keterkhususan dibanding kota ain, di antaranya ada beberapa Peraturan Daerah (Perda) yang terfokus dalam penanganan lingkungan hidup. Itu salah satu poinnya,” kata Abdulloh.

Selain dengan poin tersebut adalah, nilai plus terpilihnya Balikpapan tidak terlepas dengan adanya Perda Kawasan Sehat Tanpa Rokok (KSTR) yang tidak dimiliki kota lain.

“Meskipun tidak secara umum, namun ada beberapa kawasan yang khusus diberlakukan kawasan bebas asap Rokok. Termasuk Surabaya belum memberlakukan itu,” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!