Komisi 3 DPRD Balikpapan Dukung Pembangunan Flyover Rapak

Alwi : Semua Dananya Provinsi Yang Menentukan

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Keinginan untuk mengurangi kemacetan dan kerawanan kecelakaan kendaraan di depan Mall Ramayana Muara Rapak, telah dibahas beberapa tahun lalu Komisi 3 DPRD Balikpapan melalui pembangunan flyover.  

Ketua Komisi 3 Alwi Al Qadri menyampaikan kepada awak media di ruang kerjanya, bahwa terkait masalah pembangunan flyover memang selama ini sudah dilakukan pembahasannya. Namun, di samping itu karena masih ada yang lebih penting dan menjadi skala prioritas yang harus dibenahi, seperti permasalahan banjir, pembangunan gedung sekolah yang menjadi permasalahan setiap tahunnya, dan minimnya rumah sakit agar ditambah di wilayah Barat dan Timur.

“Diakui memang Provinsi sudah membahas masalah flyover ini, bahkan sudah sampai pembahasan anggaran. Namun  dirinya sempat melakukan komunikasi via WA (WhatsApp) dengan Haji Hasan (Hasanuddin Ketua Komisi 3 DPRD Kaltim-red) yang berada di DPRD Provinsi belum ada jawaban,” jelasnya, Rabu (10/2/2021).

Dengan adanya kecelakaan kemarin di lokasi yang sama, kata Alwi lebih lanjut, maka ia sangat setuju jika flyover ini segera ditindak lanjuti. Namun apapun itu segala sesuatunya kewenangan ada di Provinsi.

Komisi 3, masih kata Alwi, akan mencoba berkomunikasi dengan Dinas perhubungan (Dishub) bahwa kendaraan Roda 10 ke atas, agar tidak melintas pada jam yang padat kendaraan.

Baca juga : Budiono dan Pantun Dilantik, Ketua Komisi 3 DPRD Balikpapan Bersyukur

“Setidaknya dimalam hari, di atas jam 20:00 ke atas baru bisa melintas,” sebut politisi Partai Golkar ini.

Iapun berharap Provinsi segera menganggarkan karena Balikpapan ke depan sekitar 2 sampai 3 tahun sudah semakin padat kendaraan, pastinya akan macet.

“Apalagi Balikpapan menjadi Pintu Gerbang Ibu Kota, seperti apa yang baru saja disampaikan oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor disaat menghadiri HUT Kota Balikpapan, bahwa kelanjutan IKN akan tetap berjalan, sementara masih fokus terhadap penanganan Covid-19,” jelas Alwi.

Baca juga:  Cegah Virus Corona, Bandara APT Pranoto Disemprot Disinfektan

Iapun menegaskan, Komisi 3 sangat mendukung sekali pembangunan flyover ini.

“Terkait dengan anggarannya, semua dananya Provinsi yang menentukan,” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.