Juliver Sinaga Lantik Pengurus LBH PPTSB Kaltim

Paguyuban PPTSB Beranggotakan Seribuan Orang Seluruh Kaltim

0 829
Teddi K. Sinaga, Ketua LBH PPTSB
DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Kabar baik bagi sekitar seribuan keturunan Toga Sinaga yang bermukim di Kalimantan Timur, hari ini 15 Advokat dari marga ini meresmikan berdirinya sebuah Lembaga Bantuan Hukum yang diberi nama Persadaan Pomparan Toga Sinaga Dohut Boru (LBH PPTSB), Sabtu (10/10/2020) pagi.

Pelantikan pengurus dan anggota LBH PPTSB sekaligus peresmian kantornya di Jalan Perjuangan, Ruko Perjuangan Square, dilakukan Ketua Wilayah PPTSB Kalimantan Timur Juliver Sinaga didampingi anggota Dewan Pesehat Mariel Simanjorang.

Latar belakang pendirian LBH PPTSB dijelaskan Juliver didasari atas semakin bertambahnya warga PPTSB atau keturunan marga Sinaga yang ada di Wilayah Kalimatan Timur, yang tersebar di beberapa kabupaten/kota.

“Untuk melindungi semua warga yang bernaung di bawah PPTSB, maka dibentuklah LBH PPTSB. Untuk mengayomi seluruh anggota manakala ada yang terkena suatu persoalan, untuk memberikan bantuan hukum kepada anggota yang bermarga Sinaga,” jelasnya.

Meski LBH PPTSB dibentuk untuk menaungi anggotanya, menurut Juniver, tidak menutup kemungkinan untuk melayani masyarakat luas secara profesional.

Terkait pembentukan LBH PPTSB ini, Mariel Simanjorang menjelaskan, PPTSB ini terstruktur di seluruh Indonesia sebagai satu kesatuan, satu penderitaan, satu perjuangan.

“Khusus di Kalimantan Timur kita dirikanlah LBH untuk melindungi hak-hak dari anggota secara umum, tapi tidak tertutup kemungkinan masyarakat luaspun yang membutuhkan bantuan hukum, LBH PPTSB bersedia untuk memberikan bantuan hukum,” jelasnya kepada DETAKKaltim.Com.

Sehingga, lanjutnya, LBH PPTSB tidak terfokus kepada anggota PPTSB saja tapi terbuka untuk masyarakat umum yang merasa hak-haknya teraniaya oleh pelaku-pelaku hukum.

Secara formil, masih kata Mariel, baru LBH PPTSB Kalimantan Timur yang mendapat persetujuan dari Kementerian Hukum walaupun di wilayah juga sudah ada. Sehingga ke depan, akan membuka cabang-cabang di daerah-daerah seperti Balikpapan.

Mariel berharap, para praktisi yang bergabung di LBH PPTSB untuk tidak mengharapkan pembayaran jasa dari para anggota yang membutuhkan bantuan hukum, termasuk dari masyarakat luas.

“Ini bukan tempat mencari uang, tapi kita memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma, secara gratis. Sesuai tujuan LBH itu sendiri,” jelasnya lebih lanjut.

Baca juga : Kapolresta Samarinda Tanggapi Dugaan Tindakan Represif Terhadap Jurnalis

Disinggung mengenai visi dan misi LBH PPTSB ini, Ketua LBH PPTSB Teddi K Sinaga mengatakan yang paling utama adalah untuk menjamin hak-hak hukum dari keturunan Toga Sinaga. Selain itu juga bagi warga Batak lainnya serta masyarakat luas.

“Jadi walaupun namanya LBH PPTSB tetapi tidak tertutup kemungkinan kita melayani di luar pada keturunan Sinaga,” sebut Teddi.

Untuk program jangka pendek setelah pelantikan ini, Teddi mengatakan, programnya adalah melakukan sosialisasi kepada instansi terkait. Baik itu Kejakasaan, Pengadilan, maupun Kepolisian untuk menyampaikan tentang keberadaan LBH PPTSB ini. Selain itu, juga akan melakukan penyuluhan hukum kepada keturunan Sinaga di daerah-daerah. (DK.Com)

Penulis : LVL

(Visited 48 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!