Hadapi Arus Mudik Lebaran, Dishub Kaltim Ramp Check Transportasi

AFF Sembiring : Kita Bergerak Cepat

0 101

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur bergerak cepat dalam menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran 1443 H.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Kalimantan Timur AFF Sembiring mengatakan, pihaknya melakukan ramp check terhadap keamanan dan kelelaian transportasi.

Ramp check tersebut dilakukan untuk menjaga dan mengetahui kondisi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bagi pemudik maupun pengguna jalan umum.

“Kita bergerak cepat, untuk menjaga dan mengetahuai kondisi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bagi pemudik maupun pengguna jalan umum,” ujar Sembiring, Selasa (26/4/2022) .

Lebih lanjut Sembiring menjelaskan, ada 3 unsur target pemeriksaan guna memastikan kendaraan tersebut sudah memenuhi syarat teknis dan laik jalan.

Baca Juga :

Tiga unsur tersebut yakni kelengkapan administrasi kendaraan, pemeriksaan fisik, dan kelengkapan sarana untuk keselamatan penunjang.

“Kita cek semua, mulai surat kendaraan, masa berlaku KIR-nya. Kalau fisik ya kita periksa kondisi kendaraan seperti mesin, sistem pengereman, termasuk memeriksa identitas para supir, mulai dari KTP dan SIM,” sebutnya.

Selain transportasi Darat, pihaknya juga melakukan pemeriksaan transportasi Laut, dan Udara melalui kerja sama dengan Kantor Syahbandar Otorita Pelabuhan (KSOP) dan otorita di bandara masing-masing. Dan semua kendaraan yang telah dilakukan ramp check, langsung diberi stiker.

“Dinas perhubungan di Kabupaten/Kota, telah melapor ke Dinas Perhubungan Kaltim bahwa semua kendaraan umum baik untuk transportasi Darat, Laut, maupun Udara telah dilakukan ramp check, dan semua kendaraan yang telah dilakukan ramp check, langsung kami diberi stiker.” jelasnya menandaskan. (DETAKKaltim.Com).

Penulis : Amin Gladis
editor   : Lukman

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!