DPRD Balikpapan Belum Terima Nama Calon Pengganti Wawali Thohari

Ketua DPRD Balikpapan Berharap Segera Masukkan Nama

0 51

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Setahun lebih setelah meninggalnya Wakil Wali Kota Balikpapan Thohari Azis (27/1/2021), saat ini sejumlah partai pengusung Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud-Thohari Azis pada Pilkada Kota Balikpapan (9/12/2020) mulai menunjukkan calon pengganti politisi PDI Perjuangan tersebut.

Terkait hali itu, Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh berharap partai pengusung segera mengusulkan nama-nama calon Wakil Wali (Wawali) Kota yang akan menggantikan Thohari.

“Kami berharap partai pengusung untuk segera mengusung masing-masing nama calonnya untuk diserahkan ke Wali Kota, nanti Wali Kota yang akan pilih dari sekian nama yang diusulkan harus ada dua nama yang dikirim ke DPRD Kota Balikpapan untuk dipilih,” ujar Abdulloh, Kamis (3/2/2022).

Hingga kini DPRD Kota Balikpapan belum menerima nama satupun nama yang dicalonkan tersebut. Namun PDI Perjuangan, sudah menetapkan Budiono untuk dicalonkan menggantikan Thohari.

Menurut Abdulloh, untuk proses pemilihan Wakil Wali Kota akan dilaksanakan di DPRD Kota Balikpapan dengan mengambil suara dari 45 Anggota DPRD.

“Jadi 45 Anggota Dewan ini akan menggunakan hak suaranya, untuk memilih salah satu nama dari dua nama yang diajukan Wali Kota,” terang Abdulloh.

Baca Juga :

Lebih lanjut ia menjelaskan tahapannya, setelah 2 nama calon Wawali masuk ke DPRD Kota Balikpapan, akan dibuatkan Panitia Seleksi (Pansel) untuk pemilihan 1 nama dari 2 calon yang diusulkan.

Meski Partai Golkar sudah ada Wali Kotanya, jelas Abdulloh, namun masih boleh mengusulkan Wawali.

“Tidak mengusulkan juga tidak apa-apa,” sebutnya.

Hingga saat ini belum ada nama yang diusulkan masuk secara resmi ke Wali Kota, dan Wali Kota juga belum menyampaikan ke DPRD secara resmi. Usulan nama itu harus disampaikan secara tertulis, dan dilampirkan surat rekomendasi dari partai pengusungnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 7 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!