Dishut Kaltim Gelar Sosialisasi Pengadaan dan Pengedaran Bibit Tanaman Hutan

Joko : Ini Menjadi Acuan

0 149

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur menggelar kegiatan Sosialisasi Mekanisme Pengadaan dan Pengedaran Benih dan atau Bibit Tanaman Hutan Terdaftar.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Lingkup Dinas Kehutanan dan Pelaku Usaha, dengan kode KBLI 02140 Perbenihan Tanaman Kehutanan.

Adapun narasumber yang dihadirkan yakni dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta dari Balai Perbenihan Tanaman Hutan Wilayah I Palembang, serta Dinas Pelayanan Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Plt Kepala Dinas Kehutanan Joko Istanto menjelaskan, sosialisasi ini digelar agar proses pengurusan dan penerbitan sertifikasi standar kode KBLI 02140, Pengusahaan Perbenihan Tanaman Kehutanan di aplikasi Online Single Submission (OSS) dapat dimengerti oleh pengguna.

Selain itu juga apat meningkatkan penggunaan benih dan bibit berkualitas dan penetapan 11 jenis tanaman hutan yang benihnya wajib diambil dari sumber benih bersertifikat.

“Karena ini menjadi acuan dalam penggunaan benih di setiap kegiatan penanaman baik pada Kawasan Hutan dan di luar Kawasan Hutan,” ujar Plt Kepala Dinas Kehutanan Joko Istanto saat dikonfirmasi, Selasa (30/8/2022).

Baca Juga :

Lebih lanjut dijelaskan Joko, Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur mengajak pihak terkait mengelola Daerah Aliran Sungai (DAS) secara baik agar mampu menciptakan lingkungan asri, sekaligus mampu mengimbangi kompleksitas sosial, budaya, dan pola pembangunan wilayah.

“Kami mengajak pihak terkait, agar mengelola Daerah Aliran Sungai dengan baik, sehingga bisa menciptakan lingkungan yang asri sekaligus mampu mengimbangi kompleksitas sosial, budaya, dan pola pembangunan wilayah.” Tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Gladis

Editor   : Lukman

(Visited 2 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!