Persemaian Puluhan Juta Bibit Pohon untuk Hijaukan IKN

Joko : Persemaian Mentawir Bagi Rehabilitasi Lahan Kritis di Kawasan IKN

0 172
Joko Istianto, Plt. Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim. (foto : @my)
Joko Istianto, Plt. Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim. (foto : @my)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Sebagai persiapan untuk mendukung wilayah Ibu Kota Negara (IKN) menjadi kota hutan yang hijau, Pemerintah Pusat mempersiapkannya pertama kali dengan membangun persemaian modern di  Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

“Artinya persemaian yang dibangun berskala besar bisa menghasilkan hingga 20 juta bibit pohon per tahun tersebut, untuk rehabilitasi lahan di kawasan IKN,“ jelas Joko Istanto, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi kala ditemui di ruangannya belum lama ini.

Membuka pembicaraan tentang persemaian IKN ini. Joko mengapresiasi pembangunan yang dilakukan Presiden Jokowi, untuk mempersiapkan kota hutan di IKN.

“Betul-betul luar biasa,” puji Joko menyatakan apresiasinya.

Beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi saat berkunjung ke IKN mengatakan jika pembangunan IKN akan diawali dengan merehabilitasi hutan-hutan yang ada, dengan tujuan agar area-area di IKN dan sekitarnya kembali pada fungsi semula, yaitu sebagai hutan tropis, dan bukan hutan monokultur yang homogen.

Baca Juga :

Sedangkan Persemaian Mentawir sendiri berada dekat kawasan inti IKN seluas 120 hektar, dengan area persemaian dan bangunan sekitar 32,5 hektar. Yang mana nantinya jutaan bibit yang dihasilkan dari Persemaian Mentawir ini, akan ditanam di lahan-lahan kritis di kawasan IKN.

Dengan bibit pohon yang ditanam antara lain terdiri atas  pohon-pohon rimba, tanaman lokal khas Kaltim seperti Kayu Nyatoh, Meranti, Kapur, Gaharu, hingga Jambu-Jambuan.

Selain itu dengan adanya penanaman pohon-pohon tersebut, diharapkan akan menarik satwa dan burung-burung untuk masuk ke habitatnya di IKN.

“Saya kira semangat awal kita adalah seperti ini, dan kita harapkan dengan penanaman kembali, habitat yang ada akan kembali seperti semula dan suasana di IKN Nusantara nanti betul-betul seperti konsep yang sudah direncanakan yaitu kota hutan.” pungkas Joko. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : @my/Adv. Kominfo

Editor  : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!