Besok, Diskominfo Kaltim Kenalkan 9 Program Kerja Baru

Faisal : Mewujudkan Pelayanan Publik Yang Cepat dan Berkualitas

0 78

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur (Diskominfo Kaltim) akan mengenalkan 9 program baru, bersamaan dengan acara Pembukaan Sosialisasi Digital Signature di Hotel Mercure, Samarinda, Senin (12/4/2021) besok.

“Alhamdullillah, setelah berjalan 3 bulan di tahun 2021 maka dibulan April ini kami mengenalkan 9 program yang di dalamnya terdiri dari inovasi baru, tampilan baru (new look) dan re-branding untuk masyarakat di Kaltim dan juga untuk Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Kaltim,” kata Muhammad Faisal, Kadiskominfo Kaltim dalam keterangan tertulisnya yang diterima DETAKKaltim.Com, Minggu (11/4/2021) malam.

9 program itu, kata Faisal, terbagi menjadi 3 kelompok. Di kelompok pertama ada 3 inovasi baru, yakni inovasi pertama yaitu SIDA atau Sistem Informasi Digital Administrasi yang hari ini disosialisasikan, biasa dikenal dengan nama e-office. Namun di sini dilakukan penyempurnaan, dan bukan hanya soal tata naskah digital saja, tapi juga dengan digital signature-nya langsung,

“Inovasi kedua ada PINTAS atau PPID Teman Disabilitas, merupakan aksi perubahan saudari Sri Rezeki Marietha dengan menyediakan ruangan yang representative, dan ramah bagi penyandang disabilitas termasuk sistem informasinya, baik elektronik maupun non elektronik. Kemudian diinovasi ketiga adalah Si GeLATIK, ini adalah Sistem Informasi Gangguan Layanan TIK untuk kalangan di OPD Pemprov Kaltim yang merupakan aksi perubahan saudari Eva Yuseva,” lanjut Faisal menerangkan kepada awak media.

Setelah itu di kelompok Kedua, ada 3 buah penampilan baru yang kami kenalkan untuk publik di Kaltim.

“Tiga tampilan baru tersebut adalah website www.diskominfo.kaltimprov.go.id dan www.ppid.kaltimprov.go.id, serta satu lagi program antihoax yang kami brand-kan baru dengan nama HANTAM BERITA HOAX,” jelas Faisal lebih lanjut.

Kemudian yang terakhir di kelompok Ketiga, adalah ada 3 program yang dire-branding kembali untuk mengingatkan publik akan keberadaannya.

“Tiga yang kami rebranding adalah LAPOR WAL! merupakan tagline baru untuk Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR), yang merupakan satu-satunya saluran pengaduan di Kaltim yang terintegrasi dengan Pemerintah Pusat. Kemudian ada ASPIRASI ETAM, sebuah wadah saluran menyampaian aspirasi untuk Provinsi Kaltim,” ungkap Faisal gamblang.

Dan yang terakhir PiON, ini adalah Permohonan Informasi Online bagi masyarakat yang memerlukan informasi  di Pemprov Kaltim. Dapat bermohon informasi tanpa harus datang ke kantor,  ini semata untuk mendukung akses keterbukaan informasi publik.

“Semua yang akan kami kenalkan besok hari, semata-mata untuk meningkatkan pelayanan publik Diskominfo Kaltim. Tujuan kami untuk mewujudkan pelayanan publik yang cepat dan berkualitas.” ujar Faisal mengakhiri. (DK.Com)

Sumber : Kominfo Kaltim

Editor   : Lukman

(Visited 2 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!