Bazaar UMKM Diskop Kutim 18 Titik Diawali di Town Hall

Maksimalkan P3DN

0 138

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR: Untuk terus menggeliatkan perekonomian di Kutai Timur (Kutim), Pemkab Kutim melalui Diskop dan UKM bekerja sama dengan Genpro menggelar kegiatan perdana Bazaar Promosi UMKM Roadshow 18 titik di area Town Hall Swarga Bara, Kecamatan Sangatta Utara, yang berlangsung mulai Rabu (15/3/2023) hingga Minggu (19/3/2023).

Kegiatan tersebut dibuka Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, ditandai dengan pengguntingan pita. Tampak hadir dalam pembukaan mendampingi Ardiansyah yakni Ketua TP PKK Kutim Siti Robiah, Kadinkes Bahrani, Kadisdukcapil Jumeah, Sekretaris DPMDes Abdul Muluk, Superintendent PT KPC Warno, Sekretaris Dishub Deky Hermawan, Kabid Perdagangan Disperindag Kutim Pasombaran, Perwakilan Forkopimda, unsur muspika dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menerangkan bazaar ini sudah lama ingin dilaksanakan karena bakal digelar di 18 Kecamatan se-Kutim. Untuk menggeliatkan perekonomian di seluruh kecamatan, iapun mengucapkan syukur pada hari ini adalah pembukaannya dan diikuti sebanyak 47 stan.

“Sesuai dengan perintah Presiden RI Jokowi terkait program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). Kita harapkan UMKM yang ada ini, bisa terus didampingi Genpro dan Diskop Kutim karena Pemkab diperintahkan untuk menggunakan produk dalam negeri sebanyak 40 persen,” papar Ardiansyah.

Kemudian baik produk barang ataupun produk jasa, Ardiansyah berharap, masyarakat Kutim bisa maksimalkan P3DN dengan menggunakan produk UMKM asli buatan lokal atau daerah lain. Begitu pula di OPD-OPD.

“Mudah-mudahan UMKM di masing-masing Kecamatan punya ruang, waktu dan tempat. Sehingga perekonomian di Kecamatanpun dapat bergairah,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Joni Arianto mengatakan Bazaar ini digelar selain didukung oleh Genpro bersama pemerintah adapula oleh PT KPC, Aksi dan Jakuza.

“Insy Allah bazaar ini akan juga dilaksanakan di 18 Kecamatan se-Kutim,” ujarnya.

Ia menambahkan, Bazaar ini diikuti 40 UMKM dari bidang kuliner, fashion, kerajinan dan berbagai bidang yang berkaitan dengan UMKM.

“Bazaar sebagai ajang promosi UMKM di Kutim, khususnya kami ingin memberikan edukasi dan pendampingan kepada UMKM di Kutim. Sehingga transaksi perekonomian bertumbuh dan produknya dipasarkan sampai ke daerah-daerah lainnya,” ucap Joni yang juga menjabat Ketua Genpro Kaltim.

Senada, Kadiskop dan UKM Kutim Darsafani menyampaikan kegiatan ini bakal roadshow di beberapa Kecamatan, dengan tujuan mempromosikan produk-produk UMKM yang ada di Kutim.

“Dari kegiatan ini sesudah melaksanakan di 18 titik, bakal digelar forum diskusi daerah dan hasilnya dari roadshow di 18 titik akan melahirkan upaya-upaya yang harus dilakukan, tentang peningkatan usaha mikro serta kendala-kendalanya yang kita harus perbaiki,” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/ADV

Editor: Lukman

(Visited 121 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!