Serapan Tenaga Kerja Lokal Pembangunan IKN Disorot Anggota DPRD Kaltim

Ely: Kalau Perlu Dibuat Aturan

0 577

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Bicara persoalan infrastruktur dalam Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, anggota Komisi 2 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Ely Hartati Rasyid menaruh harapan besar. 

Ely menilai, dampak positif pembangunan IKN dapat mensejahterakan masyarakat Benua Etam, salah satunya melalui penyerapan tenaga kerja lokal.

Namun pada kenyataannya, kata legislator dari PDI Perjuangan ini, pembangunan IKN masih kurang mengakomodir masyarakat Benua Etam.

“Misal, dalam pembangunan mess di wilayah IKN yang tiba-tiba sudah selesai dibangun,” bebernya kepada awak media beberapa waktu lalu.

Sebab itu, ia mendorong agar ke depan masyarakat Kaltim lebih terlibat dan dapat berkontribusi, sehingga turut merasakan dampak positif dari hadirnya IKN.

Baca Juga:

Kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, Ely yang terpilih dari Daerah Pemilihan Kutai Kartanegara juga meminta agar generasi muda diberi program pelatihan khusus yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan, agar kemudian dapat terlibat dalam proyek IKN.

“Jangan hanya menunggu tapi menjemput bola. Kalau perlu, anak-anak Kaltim ini dilatih dipersiapkan untuk bekerja di IKN. Bagaimana anak-anak Kaltim bisa terlibat, dan merasakan hasilnya dari pembangunan IKN,” tegasnya.

Pemprov Kaltim menurutnya juga perlu mendata dan canangkan regulasi terkait keterlibatan pengusaha lokal Benua Etam dalam IKN, agar mengetaui dengan rinci partisiasi hingga serapan ekonomi pengusaha lokal.

“Kalau perlu dibuat aturan melibatkan tenaga kerja lokal, yang mengatur jumlah perusahaan lokal yang terlibat dalam IKN. Kita harus bisa ikut berperan dan mendapatkan hasilnya di IKN. Supaya tidak terdengar lagi nada-nada miring soal tenaga kerja.” tutup Ely. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Lisa/Adv.DPRD Kaltim

Editor   : Lukman

(Visited 10 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!