Penipuan di Medsos, Nama Ketua DPRD Bontang Dicatut

Andi Faizal Minta Warga Waspada Penipuan di Sosial Media

0 113

DETAKKaltim.Com, BONTANG: Masyarakat Kota Bontang diimbau untuk berhati-hati dengan akun Facebook palsu, yang mengatasnamakan Ketua DPRD Kota Bontang Andi Faizal Sofyan Hasdam.

Diketahui, akun palsu tersebut telah menghubungi beberapa orang dan berjanji akan memberikan bantuan.

Salah satu korbannya adalah seorang jurnalis di Kota Bontang. Jurnalis tersebut mengaku dihubungi oleh akun palsu tersebut, Rabu (29/11/2023).

Akun palsu tersebut menawarkan bantuan untuk pembangunan atau renovasi Masjid, Musholla, Pondok Pesantren, Madrasah, atau Yayasan.

“Kalau ada info terkait mengenai Pembangunan atau renovasi masjid, Musala, Ponpes, Yayasan, dan sebagainya tolong segera kabari saya. Alhamdulillah saya dan keluarga ingin shodaqoh amal jariyah untuk membantu pembangunan yang lagi membutuhkannya. BAROKALLOH,” bunyi akun palsu tersebut.

Lantas, jurnalis tersebut membalas pesan tersebut dengan menanyakan persyaratan untuk mendapatkan bantuan tersebut. Akun palsu tersebut menjawab bahwa persyaratannya adalah foto dan video pembangunan.

“Untuk selanjutnya Hub saya Telepon +62 822-9131-0186 Lanjut Wa,” imbuh akun palsu tersebut.

Baca Juga:

Akun palsu tersebut juga menampilkan profil foto Ketua DPRD Kota Bontang. Namun, jika diperhatikan lebih teliti, ada perbedaan antara foto yang ada di akun palsu tersebut dengan foto asli Ketua DPRD Kota Bontang.

Menanggapi hal ini, Ketua DPRD Kota Bontang Andi Faizal Sofyan Hasdam mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan akun-akun di media sosial, terutama akun yang belum terverifikasi.

“Saat ini begitu marak penipuan lewat Medsos, oleh karena itu jangan pernah juga memberi data-data pribadi karena bisa jadi nantinya disalahgunakan,” kata Andi Faizal, Kamis (30/11/2023).

Andi Faizal juga mengatakan, akun Facebook miliknya yang asli telah terverifikasi. Masyarakat dapat membedakan akun palsu dengan akun asli dengan melihat tanda centang biru di samping nama akun.

“Kalau akun saya asli, ada centang biru di samping nama saya,” kata Andi Faizal.

Masyarakat yang menjadi korban penipuan oleh akun palsu tersebut, dapat melaporkannya kepada pihak Kepolisian. (DETAKKaltim.Com/ADV/DPRD Bontang)

Penulis: Lb

Editor: Lukman

(Visited 107 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!