PERUMDAM TTB KUTIM SIAP SUKSESKAN PROYEK SPAM PEMKAB

0 85

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR: Dirut Perumdam Tirta Tuah Benua Kutim Suparjan menegaskan, pihaknya siap menyukseskan Program Pemerintah Daerah, khususnya pemenuhan kebutuhan dasar air bersih bagi masyarakat.

Penegasan tersebut ia sampaikan usai mendampingi Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman melakukan groundbreaking, pemasangan pipa Pertama di Kecamatan Karangan, Sabtu (18/11/2023).

Groundbreaking tersebut menandai dimulainya proyek optimalisasi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kecamatan Karangan. Instalasi pengolahan air tersebut bakal memasok air bersih perpipaan di Desa Pengadaan Lama, Kecamatan Karangan.

Program yang menjadi proyek strategis Pemkab Kutim ini dilaksanakan dengan skema Multi Years Contract (MYC). Dibiayai APBD Kutim, melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR).

“Agar sistem air bersih di wilayah Pedesaan khususnya di Kecamatan Karangan bisa dinikmati warga, perlu didukung program percepatan pembangunan jaringan pipa distribusi utama sampai sambungan rumah atau ke masyarakat. Sambungan rumah bakal dirampungkan setelah pembangunan instalasi SPAM selesai, dan memenuhi syarat,” ujar Suparjan.

Baca Juga:

SPAM di Karangan ini akan melayani lebih kurang 800 sambungan rumah, dan harus dipastikan distribusi lancar hingga ke rumah masyarakat. Dengan layanan lebih kurang 800 sambungan rumah, sama artinya dengan 70-80 persen dari 4,000 jiwa penduduk Desa Pengadaan Lama.

Dengan situasi dan anggaran yang ada, dia optimis program ini selesai tepat waktu. Saat telah rampung dan instalasi pendukungnya beres tahun depan, maka air bersih akan langsung didistribusikan ke rumah warga.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menuturkan jika pembangunan SPAM Pedesaan di Desa Pengadan, Kecamatan Karangan ini, akan dibangun melalui proyek tahun jamak atau multi years.

Dijelaskannya, jika pembangunan SPAM IPA di Pengadan dengan kapasitas produksi 10 liter per detik yang akan mampu mengaliri 800 sambungan rumah.

Karena itu, ia berharap pekerjaan SPAM Pedesaan ini tidak terdapat hambatan, sehingga bisa beroperasi tahun depan dan masyarakat bisa menikmatinya. (DETAKKaltim.Com)

Naskah/Video: HB/ADV

Editor: Lukman

(Visited 77 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!