LOMBA KICAU BURUNG BUPATI CUP III 2023 KUTAI TIMUR

0 117

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR:  Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman, secara resmi membuka Lomba Burung Berkicau Bupati Cup III Tahun 2023 yang digelar di halaman Kantor Kecamatan Sangatta Utara, Minggu (5/11/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Ardiansyah menyampaikan aspirasi dan terima kasi kepada seluruh kicau mania yang telah turut meramaikan lomba burung berkicau, serta segenap panitia penyelenggara lomba burung berkicau Bupati Cup III dalam rangka HUT ke 24 Kutim.

Semoga semua peserta yang turut dalam kegiatan ini jadi pemenang. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim lomba kicau burung Bupati Cup III 2023 saya nyatakan dibuka,” ucapnya.

Ardiansyah menyatakan, lomba burung berkicau yang telah menjadi agenda tahunan bagi Pemkab Kutim, tidak hanya sekedar menyalurkan hobi. Banyak awalnya hobi dan hiburan berkembang menjadi ekosistem ekonomi yang besar. Ia berharap lomba kicau burung ini akan mendorong pengembangan bisnis masyarakat.

Peluang itu terbuka lebar jika melihat dari jumlah penghobi dan turunan ekonomi dari lomba burung. Dengan ajang ini, kata dia, pecinta burung akan semangat melati burung yang dimiliki untuk tetap bunyi khas dan unik.

“Masyarakat yang telah paham, dapat menjadi lahan bisnis bagi mereka dan terakhir lomba ini menjadi tontonan yang luar biasa dari sisi wisata. Mudah-mudahan ini terus berlanjut dan berkembang, tidak hanya turnamen tingkat lokal namun bisa mencakup yang lebih tinggi,” papar Ardiansyah.

Baca Juga:

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kutim, Nurullah mengatakan lomba burung berkicau merupakan media silaturrahmi antara sesama pecinta burung.

“Ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih mencintai satwa khususnya burung yang ada di Kutim agar tetap terjaga kelestariannya.

Lomba burung berkicau Piala Bupati Cup II 2023 ini diikuti kicau mania dari berbagai daerah dan dibuka secara langsung oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman.

Dalam ajang ini, kategori lomba terdiri dari Bupati dan Wakil Bupati (Murai Borneo dan Cucak ljo), Sekda (Murai Borneo, Cucak ljo, LB Fighter, Kenari, Kacer, Serindit).

Selanjutnya, kategori Kadis (Murai Borneo, Cucak ljo, LB Fighter, Kenari, Kacer, Serindit ), Kabid (LB Fighter, LB Balibu, Kenari, Kacer, Serindit, Konin). Serta ada Best Bird Club, Runner Up BC, Best Single Fighter, Runner Up SF dan Burung terbaik.

Sebelum dimulai, para dewan juri terlebih dahulu diambil sumpahnya, agar dapat menjunjung tinggi netralitas dan objektivitas dalam penilaian sehingga memberikan hasil optimal. (DETAKKaltim.Com)

Naskah/video:HB/adv

Editor: Lukman

(Visited 108 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!