Kolaborasi Dosen Nusantara DPW Kalsel Dikukuhkan

Fanila: Dosen Itu Bukan Saja Sekedar Mengajar

0 85

DETAKKaltim.Com, BANJARMASIN: Dengan semangat hari Pahlawan Nasional 10 November 2023, DPW Kolaborasi Dosen Nusantara (KDN) Kalimantan Selatan (Kalsel) dikukuhkan oleh Ketua Umum KDN Dr Erpidawati SE MM, Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, yang dihadiri oleh seluruh Dewan Pengurus Pusat.

Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Kalsel sejak menerima mandat terus berbenah dan mempersiapkan diri bersama para Dosen di berbagai disiplin ilmu, untuk turut ambil bagian menjalankan amanat Tri Dharma Perguruan Tinggi melaui wadah KDN.

Ketua terpilih beserta DPW KDN Kalsel Dr Fanila Prima Jaya SE MM siap mengemban tugas. Tidak melemahkan semangat para pengurus, walaupun Ketua Umum melantik melalui zoom metting.

Pengukuhan ini juga secara simbolis KDN Kalsel dirangkai dengan MoU tentang pelaksanaan Tri Dharma Bersama STMI Banjarmasin, dan Universitas Sari Mulia Banjarmasin.

“Dosen itu bukan saja sekedar mengajar, tetapi ada dharma lain yang harus diwujudkan yaitu penelitian dan pengabdian pada masyarakat,” kata Fanila, Jum’at (10/10/2023).

Tri Dharma itu sebuah keharusan, ada keseimbangan antara mengajar dan mengabdi dan itu adalah tugas Dosen. Fanila berharap dengan adanya organisasi ini, para Dosen yang tergabung di dalamnya terlindungi  dan mendapatkan haknya.

“Dengan adanya KDN di Kalsel kita akan mendorong pada Dosen yang belum Serdos serta menyelesaikan Jafung, kita akan bantu memberikan pelatihan. LLDIKTI  XI kan ada di wilayah kita. Jadi memudahkan para Dosen mengurus Jafung dan Serdos, khususnya bagi para Dosen yang belum punya sertifikat dan jabatan fungsional. Apakah itu AA-Lektor dan Lektor Kepala, hingga Guru Besar. Tentunya juga para Dosen harus memenuhi syarat dan ketentuan,” jelas Fanila.

Baca Juga:

KDN Kalsel banyak para Guru Besar yang ikut bergabung, lanjut Fanila, dan ini sangat diperlukan tentang kepakaran mereka.

“Itu adalah salah satu program kerja kita yang harus terpenuhi,” imbuhnya.

Pengukuhan ini juga dirangkai dengan penandatangan MoU yang masing-masing ditandatangani oleh  Dr Titien Agustina MSi selaku Ketua STIMI Banjarmasin, dan Dr Hj RR Sogi Sri Redjeki SKG MPd selaku Rektor Universitas Sari Mulia Banjarmasin.

“Dalam pengukuhan ini kita rangkai beberapa kegiatan Seminar Nasional, dan MoU bersama para Ketua Ketua STIMI Banjarmasin dan Rektor Universitas Sari Mulia Banjarmasin,” ujar Fanila lebih lanjut.

KDN Kalsel merekomendasikan 19 program kerja uggulan, yang harus selesai hingga 2028 mendatang. Diantaranya adalah ikut memperjuangkan hak-hak Dosen, pada saat mengambil Tugas Aktif Belajar.

“KDN Kalimantan Selatan akan memperjuangkan hak-hak Dosen pada saat mengambil Tugas Aktif Belajar.” tegas Fanila menandaskan.

Ketua Umum DPP KDN Erpidawati berpesan agar sebisa mungkin meningkatkan kompetensi para Dosen yang tergabung dalam wadah ini, karena Kalimantan Selatan adalah pintu Gerbang IKN bagian Selatan dari Kalimantan Timur. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Pajar Fakhruddin

Editor: Lukman

(Visited 76 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!