Bupati Kukar Ungkap Tantangan Bangun Pusban

Kesulitan Distribusi ASN, Edi: SDMnya Yang Sulit

0 85

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Pendistribusian Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Bidang Kesehatan dan Pendidikan di 18 Kecamatan, 44 Kelurahan, dan 193 Desa Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) belum merata.

Hal ini diungkapkan Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, dalam Pelantikan dan Sumpah Jabatan di Pendopo Odah Etam, Rabu (18/10/2023).

“Salah satu tantangan kita bahwa pendistribusian ASN di Bidang Kesehatan dan Pendidikan, ini memang belum merata di Kabupaten Kukar,” bebernya.

Di samping ketidakmerataan ASN, Kabupaten Kukar juga diakuinya menghadapi kesulitan dalam pengembangan sarana dan prasarana infrastruktur.

“Berbicara sarana prasarana infastrukturnya, masih ada beberapa Desa hingga Kecamatan yang belum memiliki Puskesmas,” ujarnya.

Baca Juga:

Meskipun begitu, pembangunan Puskesmas saat ini sedang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kukar. Secara fisik, pembangunan tersebut tidak dianggap terlalu sulit.

Namun, permasalahan utamanya terletak pada ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM). Ini menunjukkan bahwa sementara aspek fisik dari proyek mungkin dapat dikelola, sedangkan kekurangan SDM bisa menjadi kendala dalam menjalankannya dengan efektif.

“SDMnya yang sulit kalau kita membangun Puskesmas Pembantu (Pusban) di Desa terpencil,” ungkap Edi.

Ketika ASN ditempatkan di lokasi seperti itu, sebagian besar mengalami kesulitan emosional dan isolasi karena jaraknya dari pusat kesehatan dan kurangnya dukungan sosial. Hal inilah yang menjadi tantangan.

“Apabila ada yang ditempatkan disana, batinnya menderita ketika dikunjungi. Ini tantangan.” tandas Edi. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 76 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!