Pusban Kukar Difokuskan Rekrut Penduduk Asli Desa

Edi: Khususnya di Perbatasan

0 105

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Untuk mengatasi ketidakmerataan jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Pemerintah Kabupaten Kukar telah mengambil langkah dengan menerapkan kebijakan untuk merekrut tenaga yang dapat ditempatkan di Puskesmas Pembantu (Pusban).

Langkah ini bertujuan untuk memastikan kebutuhan layanan kesehatan di daerah, yang mungkin kurang tercakup oleh jumlah ASN yang tersedia dapat terpenuhi.

Bupati Kabupaten Kukar Edi Damansyah mengatakan, perekrutan tenaga tambahan untuk Puskesmas Pembantu sangat penting, terutama di daerah perbatasan yang lokasinya cukup jauh.

“Kami melalui Pemerintah Desa dari Dinas Kesehatan kita arahkan untuk merekrut tenaga yang bisa bertugas di Pusban, di Desa-Desa, khususnya di perbatasan yang cukup jauh,” jelasnya dalam pelantikan dan sumpah jabatan di Pendopo Odah Etam, Rabu (18/10/2023).

Baca Juga:

Lebih lanjut ia menegaskan, fokus rekrutmen ini diarahkan pada penduduk asli Desa. Dengan tenaga kerja yang berasal dari masyarakat setempat, dapat dipahami secara lebih mendalam kebutuhan, norma budaya, dan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat Desa tersebut.

Dalam konteks ini, penduduk asli Desa bukan hanya menjadi penerima layanan, tetapi juga menjadi bagian integral dalam penyelenggaraan layanan kesehatan.

Pria kelahiran 1965 ini berharap agar seluruh ASN Bidang Kesehatan yang digeser ke Kecamatan, dapat terus memaksimalkan kinerja.

“Tolong dipahami bahwa masyarakat membutuhkan tenaga kita. Salah satu faktor penenetu layanan itu adalah ASN, yang berada di unit kerja Bidang Kesehatan ini.” tutup Edi Damansyah. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 98 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!