Dinsos Kukar Gelontorkan Bantuan Bidang Perikanan

Hamly: Kita Gelontorkan Bantuan Sosial

0 101

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya untuk memberikan bantuan kepada Keluarga Peneriman Manfaat (KPM), yang membutuhkan bantuan. Dimana hal ini sesuai dengan data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

Namun, perlu dicatat bahwa langkah-langkah ini tidak hanya dilakukan oleh Dinas Sosial, melainkan juga melibatkan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan bahkan perusahaan swasta dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Banyak sekali program yang berkaitan dengan Perikanan, kita gelontorkan Bantuan Sosial di Bidang Perikanan,” ujar Kepala Dinas Sosial Kukar Hamly kepada pewarta media DETAKKaltim.Com, Senin (16/10/2023).

Bantuan yang diberikan Dinas Sosial dalam Bidang Perikanan meliputi subsidi terhadap Bahan Bakar Minyak (BBM), termasuk subsidi untuk Mesin Kapal, Badan Kapal, hingga pelatihan.

“Supya mereka (Nelayan) betul-betul hasil usahanya dapat meningkat,” ungkapnya.

Baca Juga:

Dinsos juga diakuinya mengaitkan bantuan ini kepada stakeholder terkait, agar dapat memberikan bantuan khusus dan produksi Perikanan dapat ditampung atau dipasarkan.

Dicontohkan Hamly, apabila terdapat pabrik di sekitar Nelayan bekerja, maka hasil pancing akan langsung disetorkan kepada pabrik tersebut. Sehingga ikan yang didapatkan tidak akan busuk.

Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran dan distribusi produk-produk Nelayan, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat ekonomi yang lebih besar. Kolaborasi ini melibatkan berbagai sektor, seperti industri, perdagangan, dan perusahaan lokal, dengan harapan menciptakan peluang kerja dan membantu dalam pertumbuhan ekonomi daerah.

“Misalnya di sini kami punya Nelayan sekian orang. Produksinya misal sekian minggu bisa mendaratkan ikan 10 ton. Nah ini siapa yang menampung, kita hubungkan dengan dunia usaha Bidang Perikanan, paling tidak kualitasnya bisa tetap dipertahankan,” jelasnya.

Dari tingkat pusat hingga ke daerah, harapannya adalah bahwa semua pihak akan bekerja bersama dengan maksimal dalam menjalankan upaya pengentasan kemiskinan.

“Menyasar masyarakat bisa berdaya, ekonomi naik, otomatis tingkat kesejahterananya meningkat.” tandas Hamly. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 96 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!