Kadiskop UKM Kutim Nilai Perlu Konsep Baru Koperasi

Darsafani: Agar Dipercaya Masyarakat

0 92

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR: Pada Pembukaan Roadshow promosi UMKM titik Ke-18 di Halaman Heliped, Kadiskop UKM Kutim Darsafani menyebut Koperasi harus menjadi pilihan rasional masyarakat.

Untuk itu, lanjut Darsafani, perlu ditunjang dengan ekosistem Koperasi yang dibangun dengan baik, sehingga Koperasi bisa lebih kompetitif dan bersaing dengan korporasi.

“Bukan lagi seperti jaman dulu, perintahkan setiap Desa punya Koperasi. Itu nggak akan jalan, jadi harus dengan pendekatan ekosistem,” kata Darsafani, Senin (16/10/2023) malam.

Karena itu, pihaknya bakal mendorong pendampingan dan pembinaan terhadap Koperasi. Darsafani menilai perlu ada konsep baru tentang Koperasi, untuk bisa dipercayai masyarakat.

“Supaya Koperasi itu terus bisa mengembangkan model bisnisnya dan akuntabilitasnya baik, tata kelolanya baik, dan isu-isu negatif tentang Koperasi itu bisa kita atasi.” pungkasnya.

Beberapa waktu lalu, Darsafani mengungkapkan pihaknya telah memiliki paling tidak 600 Koperasi yang dikategorikan sehat dari total jumlah Koperasi di Kutai Timur sebanyak 1.200an unit.

Saat ini, di Diskop UMKM Kutim memiliki 3 bidang. Bidang Pengawasan dan Kelembagaan, Bidang UMKM, dan Bidang Usaha Peningkatan Koperasi dengan jumlah SDM 60 orang yang terdiri 30 orang ASN dan 30 orang TK2D. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/ADV

Editor: Lukman

(Visited 87 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!