DPMD Kukar Akan Gelar Lomba RT Tingkat Kabupaten

Riyandi: Untuk Mengukur Kinerja RT

0 113

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara akan menggelar Lomba RT seluruh Kabupaten Kukar.

Hal itu dikatakan Riyandi Elvander, Kepala Bidang Kelembagaan, Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga Adat DPMD Kabupaten Kutai Kartanegara di ruang kerjanya, Senin (9/10/2023)

“Untuk tahapan pelaksanaan, akan dimulai di tingkat Desa, yaitu Pemerintah Desa akan menyeleksi 3 RT terbaik di wilayahnya. Kemudian akan memilih satu RT untuk dikirim ke Pemerintah Kecamatan, selanjutnya Pemerintah Kecamatan akan memilih 3 terbaik dan memilih 1 yang terbaik. Kemudian akan didelegasikan, untuk mengikuti lomba RT tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara,” jelas Riyandi.

Selanjutnya DPMD Kabupaten Kutai Kartanegara pada akhir bulan Oktober melalui Tim, akan memverifikasi dan menvalidasi setiap RT yang dikirim oleh Pemerintah Kecamatan untuk mencari 6 RT terbaik, dari 6 RT tersebut akan ditentukan untuk menjadi juara 1, 2 dan 3 serta juara harapan 1, 2 dan 3.

Riyandi membeberkan, untuk juara 1 akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp8 Juta, untuk juara 2 akan mendapatkan uang pembinaan Rp7,5 Juta, juara 3 akan mendapatkan uang pembinaan Rp7 Juta.

Sedangkan untuk juara harapan 1 akan mendapatkan uang pembinaan Rp6,5 Juta, juara harapan 2 akan mendapatkan uang pembinaan Rp6 Juta dan juara harapan 3 akan mendapatkan uang pembinaan Rp5,5 Juta.

“Tujuan dilaksanakan lomba RT se-Kabupaten Kutai Kartanegara, untuk mengukur kinerja RT dalam melaksanakan program Rp50 Juta per RT serta menyusun laporan bulanan,” ungkap Riyandi.

Baca Juga:

Menurutnya, selama ini Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara sudah memberikan fasilitas yang memadai dalam pelayanan kepada masyarakat, seperti kendaraan bermotor, Laptop dan yang baru adalah Handphone Android yang dilengkapi dengan aplikasi Idaman. Yang di dalamnya terdapat laporan kependudukan, yang langsung terkoneksi ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Harapannya dengan adanya fasilitas yang disediakan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, RT harus terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama layanan kependudukan.” tandas Riyandi. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kaltim)

Penulis: Alim

Editor: Lukman

(Visited 107 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!