Pemkab Kukar Dukung Festival Pesisir 2023, Ada Pertandingan Domino

Edi-Rendi Komitmen Mendukung Event Kreatif Garapan Pemuda

0 102

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG: Tirtonegoro Art Festival berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar bakal menggelar event yang berbeda dari biasanya.

Event kali ini bertajuk Festival  Pesisir 2023, yang digelar di Pantai Panrita Lopi, Kecamatan Muara Badak, 13-15 Oktober mendatang.

Dalam Festival Pesisir 2023, terdapat banyak kegiatan, di antaranya Lomba Tari Pesisir, Pertunjukan Seni dan Budaya, Lomba Baca Puisi, Pertandingan Domino, Lukis Kanvas dan Jalan Santai.

Selain itu, ada juga permainan tradisional, pemutaran film, gelar UMKM, pesisir coffee, Talkshow Pemuda Pesisir, parade musik, penyematan duta pesisir, seni outbond pesisir, demo masak, lomba lari, voli pantai, pemuda inovatif dan Sepak Bola Pantai.

Hal-hal yang berkaitan dengan pesisir akan banyak didapatkan pada event ini. Nantinya, juga ada pemaparan dari Komunitas Anak Nelayan, mengenai cara membuat “Rakang” alat tradisional menangkap Kepiting, tutorial mencabut duri Ikan Bandeng, mengenali ciri-ciri ikan segar dan cara menangkap ikan “Ijar Pesisir”.

“Ya, Festival Pesisir ini kegiatan untuk memberikan edukasi tentang Pariwisata, serta edukasi Seni dan Budaya di Kaltim,” ucap Rahmat Azazi, penyelenggara Festival Pesisir 2023, Jum’at (6/10/2023).

Baca Juga:

Lanjut Rahmat menjelaskan, selain melibatkan berbagai pihak dari Kecamatan-Kecamatan di Kukar, pihaknya juga melibatkan berbagai unsur lainnya dari Kabupaten dan Kota seluruh Kaltim.

“Tentunya melibatkan warga sekitar,” imbuhnya.

Khusus tahun ini, pihaknya sengaja berkolaborasi dengan Pemkab Kukar, yang dikenal getol mendukung event-event garapan pemuda.

Pada tahun-tahun sebelumnya, event ini kerap berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Selain dengan Pemkab Kukar, kita juga bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti pengelola Pantai Panrita Lopi yang telah menyediakan tempat,” jelasnya.

Terpisah, Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin menyambut baik event garapan Tirtonegoro Art Festival, dimana bakal melibatkan pelaku usaha kreatif dan UMKM.

“Ini komitmen pemerintah untuk mendukung aktivitas positif yang digelar pemuda-pemuda Kukar,” jelas Rendi.

Rendipun mengajak masyarakat Kukar dan sekitarnya, untuk ikut serta meramaikan Festival Pesisir 2023.

“Kapan lagi ada acara seperti ini, bisa menikmati parade musik, pertunjukkan kesenian, sekaligus liburan di pantai. Makanya, ayo kita ramaikan event ini,” pungkasnya.

Direncanakan Rendi Solihin juga bakal hadir, sekaligus membuka secara resmi Festival Pesisir 2023. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Sumber: Rilis

Editor: Lukman

(Visited 94 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!