Pemerintah Desa Tani Harapan Gelar Musrenbangdes

Penyusunan RKPDes Tahun  Anggaran 2024

0 173

DETAKKaltim.Com, LOA JANAN: Pemerintah Desa Tani Harapan, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, melaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di Gedung Serba Guna Dusun Beringin Jaya, Selasa (3/10/2023).

Musrenbangdes ini digelar, dalam rangka menyusun dan menetapkan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2024.

Pada acara tersebut Kepala Desa Tani Harapan Ismail menyampaikan, untuk penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2024 yang bersumber dari APBN akan dipergunakan sesuai skala prioritas yaitu sesuai ketentuan yang berlaku. Diantaranya, penggunaan Dana Desa untuk Pencegahan Stunting, penurunan kemiskinan ekstrim melalui penyaluran dana BLT DD serta Program Ketahanan Pangan.

Untuk program pencegahan stunting Ismail meminta agar semua lapisan masyarakat serta aparat Pemerintah Desa dari tingkat RT, Kepala Dusun, dan Perangkat Desa terlibat dalam pencegahan stunting di wilayah Desa Tani Harapan.

“Karena Desa Tani Harapan merupakan bagian dari Lokasi Khusus untuk pencegahan stunting,” jelas Ismail.

Baca Juga:

Selain itu, lanjut Ismail, untuk Program Ketahanan Pangan pihak Pemerintah Desa Tani Harapan akan bekerja sama dengan Kelompok Tani yang ada di Desa Tani Harapan, untuk mempertahankan komoditas unggulan seperti Lada.

Sementara itu dari Pemerintah Kecamatan Loa Janan yang diwakili Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bunyamin mengatakan, pelaksanaan Musrenbangdes dalam rangka menyusun dan menetapkan RKPDes Tahun Anggaran 2024 harus sesuai ketentuan yang berlaku, dengan tetap mengedepankan kebutuhan masyarakat Desa Tani Harapan dan sesuai skala prioritas.

Peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai mitra Pemerintah Desa, harus ditingkatkan dalam mengawal pembangunan di Desa.” tandas Bunyamin. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Alim

Editor: Lukman

(Visited 163 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!