Simulasi Pengamanan Pemilu Digelar di BSCC Balikpapan

Iwan: Pemilu Ini Berjalan dengan Damai

0 88

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN: Apel Simulasi sistem pengamanan kota yang berlangsung di BSCC Dome, dihadiri Anggota DPRD Balikpapan Iwan Wahyudi, Senin (2/10/2023)

Iwan Wahyudi mengatakan, Apel Simulasi ini dilakukan sebagai bentuk kesiapan jika terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

“Dan kami yakin teman-teman semua bisa menghadapi situasi tersebut,” kata Iwan.

Pelaksanaan Pemilu akan berlangsung tahun 2024, berbagai macam tindakan yang bisa mengganggu jalannya pesta demokrasi bisa saja terjadi. Hal ini disampaikan politisi PPP tersebut, usai mengikuti apel di BSCC Dome

“Saya optimis Pemilu ini berjalan dengan damai, karena selama ini Kota Balikpapan senantiasa berjalan dengan damai secara transparan dan akuntabel,” ucapnya.

Menurutnya, simulasi ini memberikan salah satu contoh permasalahan yang terjadi pada pelaksanaan Pemilu. Yakni penyusupan pada saat kampanye, maupun perhitungan suara.

Baca Juga:

Hal itu memang perlu dilakukan dari sisi tim pelaksana seperti KPU, PPK, PPS, KPPS, Bawaslu, Panwascam, supaya betul-betul bisa mengedukasi petugas dan operatornya dengan baik. Kalau bisa berjalan dengan baik, maka tidak akan ada timbul protes.

Iwan sangat bersyukur Balikpapan ini sangat baik sistem pelaksanaan Pemilu, ditunjang wilayah Balikpapan yang mudah dijangkau. Wilayah terjauh di Kota Balikpapan adalah wilayah Kariangau dan Teritip, sehingga wilayah tersebut masih mudah dijangkau.

Untuk itu, mempermudah sistem pelaporan dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk ketika ada kecurangan dan segala macam.

“Kami berharap simulasi ini tujuannya untuk mengatasi hal hal yang tidak diinginkan, selain memberikan pengamanan tetapi akan diminta selalu sigap dan responsif terhadap sebuah tindak kejahatan Pemilu,” ungkapnya

Simulasi ini melibatkan personil TNI, Polri,  dan stakeholder sebanyak 500 personil. Latihan Sispamkota harus dilakukan agar seluruh personel yang terlibat nanti dapat memahami tugas dan tanggung jawabnya masing- masing, terlebih khusus, jalur koordinasi dan komunikasi yang harus dibangun. (DETAKKaltim.Com/ADV/DPRD Balikpapan)

Penulis: Jamil/Roni S

Editor: Lukman

(Visited 85 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!