Rencana Penggunaan Air Laut Direspon Legislator Balikpapan

Slamet: Harus Dilakukan Studi Kelayakan

0 149

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN: Slamet Imam Santoso, anggota Komisi 2 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan menyambut baik rencana Pemkot Balikpapan akan mengkaji penggunaan air laut untuk mencukupi kebutuhan air baku di Kota Balikpapan.

Namun Slamet mengingatkan, sebelum merealisasikan hal tersebut harus dilakukan Studi Kelayakan dan sesuai dengan geografis Tata Ruang Kota Balikpapan.

Seperti berapa debet air yang dihasilkan dalam pengelolaan air laut menjadi air baku. Kemudian bagaimana Master Plannya dan pemanfaatan potensial potensi-potensi Bendungan kecil, yang sebagai penyangga Bendungan yang sudah ada.

“Oleh karena itu, sudah saatnya Pemkot memaksimalkan tempat penampungan air yang ada di Balikpapan. Sehingga tidak hanya mengandalkan air Waduk Manggar saja. Seperti halnya di kawasan Kecamatan Balikpapan Barat, bisa dimaksimalkan juga,” kata Slamet, Rabu (13/9/2023).

Baca Juga:

Dalam merealisasikan hal tersebut, lanjut Slamet, tak kalah penting bagaimana pertimbangan terkait pendanaannya. Pasalnya jika sepenuhnya dibebankan oleh murni APBD Kota Balikpapan, dapat dipastikan akan sangat memberatkan.

“Jika murni menggunakan dana APBD Kota Balikpapan, apa akan mencukupi. Sementara kebutuhan masyarakat di sektor lain cukup besar. Karena dalam permasalahan ini kuncinya adalah dana. Jika melalui APBD Kota Balikpapan sangat riskan, karena kegiatan lain tidak bisa terserap.” tandas Slamet. (DETAKKaltim.Com/Adv.)

Penulis: Jamil/Roni S

Editor: Lukman

(Visited 138 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!