Bupati Kutim Buka Bazar UMKM Muara Bengkal-Ancalong

Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan

0 120

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR: Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman terus memberikan dukungannya dalam event Road Show Bazar UMKM. Hal itu terlihat di tengah kesibukan dengan agenda lainnya, orang nomor satu di Kutim itu selalu hadir dalam pembukaan maupun penutupan di titik- titik bazar sebelumnya.

Kini Road Show Bazar UMKM sudah di tahap 75 persen mencapai finish. Pasalnya, sudah berada di titik Ke-14 yang dipusatkan di Lapangan Sepak Bola Desa Muara Bengkal Ilir, Kecamatan Muara Bengkal, Selasa (12/9/2023) malam.

Rangkaian kegiatan titik Ke-14 Muara Bengkal ini juga dijadikan satu dengan titik Ke-15 Muara Ancalong, yang ikut dalam promosi bazar UMKM ini.

Sebelum peninjauan ke stan, Ardiansyah mengatakan, Kecamatan Muara Ancalong-Muara Bengkal memulai kembali membangkitkan ekonomi kerakyatan. Upaya itu dilakukan melalui kegiatan bazar dan kuliner produk UMKM yang digelar dan melakukan evaluasi agar produk unggulan yang ditampilkan dapat memasuki pasar ekspor.

“Produk makanan dan minuman yang dijual, bagaimana nanti bisa masuk pasar dengan cara meningkatkan kualitas yang baik. Dalam hal ini Diskop UMKM siap memfasilitasi terkait hal tersebut agar dapat meningkatkan produk desanya masing-masing, terlebih menjadi produk unggulan di Kabupaten Kutai Timur,” ungkapnya.

Ia berharap, Road Show Bazar ini tidak hanya dilaksanakan saat ini saja. Namun, upaya membangkitkan kembali sektor ekonomi itu dapat dilaksanakan di tahun-tahun yang akan datang.

“Kegiatan bazar ini sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha, untuk dapat mempromosikan produk dDesa masing-masing kepada masyarakat,” ujar Bupati.

Menurut Ardiansyah, Promosi Bazar Produk UMKM sekaligus sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Daerah terhadap UMKM agar segera bangkit, dalam rangka pemulihan dan peningkatan perekonomian pasca pandemi.

Sebelumnya Kadiskop UMKM Kutim Darsafani mengatakan, kegiatan itu dalam rangka mengangkat sektor UMKM yang mati suri, terutamaa saat masa pandemi Covid-19.

“Karena itu, kami ajak semua pihak untuk membangkitkan kembali ekonomi kerakyatan melalui lewat momentum HUT Kemerdekaan Ke-77 RI, yang bertema Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat,” katanya.

Dijelaskan, even yang digelar 9-15 September ini diikuti 29 pelaku usaha, terdiri atas 9 pelaku UKM yang bergerak di dunia pengolahan produk.

“Jadi rangkaian hari ini bazar promosi UKM kembali memperkenalkan produk olahan, hasil pelatihan dari Diskop kepada seluruh Kecamatan.” tandas Darsafani. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/ADV

Editor: Lukman

(Visited 120 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!