Komisi 1 DPRD Balikpapan Gelar FGD

Bahas Kajian Akademik Wawasan Kebangsaan Cinta Tanah Air

0 154

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN: Dewan Perwakilan Rakyat Daearh (DPRD) Kota Balikpapan melalui Komisi 1 menggelar Forum Group Discussion (FGD), membahas Kajian Akademik Wawasan Kebangsaan Cinta Tanah Air di Hotel Novotel, Kamis (7/9/2023).

Kegiatan FGD tersebut melibatkan Kesbangpol, Disdik, Bagian Kepemudaan DPOP, Beberapa Forum Komunitas di Balikpapan, BEM dan Osis SMA/SMK dan tamu undangan lainnya.

Anggota Komisi 1 DPRD Balikpapan Simon Sulean mengatakan, dilaksanakannya FGD pada kesempatan tersebut bertujuan agar dapat diberikan masukan kepada para narasumber yang dihadirkan dari Universitas Gajah Mada (UGM).

Hal ini tak lain agar kajian ini dapat lebih komperensif, di dalam membuat draft Perda nantinya.

“Masukan-masukan dari setiap stekholder akan kita akomodir, sehingga dapat menyempurnakan Perda atau draftnya,” ujar Simon.

Pasca FGD pihaknya akan mencari masukan-masukan dari masyarakat, untuk mengetahui apa saja yang harus diakomodir terkait Wawasan Kebangsaan Cinta Tanah Air ini.

“khususnya dari aspek warisan lokal dan warisan budaya,” kata Simon lebih lanjut.

Baca Juga:

Simo juga menjelaskan, wawasan kebangsaan ini diimplementasikan melalui kearifan lokal. Oleh karena itu ke depan akan disusun rencana konsep lain untuk mengingat akan kebersamaan, mengingat pejuang, maupun para pendahulu khususnya sejarah dan budaya di Kota Balikpapan.

“Kemudian, adanya IKN tentunya tidak akan terdampak dengan kajian ini. Sehingga budaya dan kearifan lokal di sekitar IKN, tidak akan hilang dan pasti akan tetap ikut diakomodir.” tandas Simon. (DETAKKaltim.Com/Adv.)

Penulis: Jamil/Roni S

Editor: Lukman

(Visited 148 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!