Kadiskop Kutim Sebut Koperasi Sebagai Penyangga Ekonomi

Darsafani: Koperasi Sebagai Agregator dan Akselerator

0 64

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR: Kepala Dinas Koperasi dan UKM (DiskopUKM) Darsafani mengatakan, peran Koperasi sebagai salah satu penyangga pemulihan ekonomi sangat penting mengingat adanya ribuan Koperasi yang ada di Kutim.

Pihaknya berupaya mengembangkan Koperasi modern dengan memberikan beberapa bentuk fasilitasi penguatan, di antaranya berupa fasilitasi tenaga pendamping, akses pembiayaan dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), kemitraan, offtaker/supplier, serta teknologi dan inovasi yang relevan.

Selain itu, lanjutnya, pemerintah turut mendorong Koperasi untuk akses permodalan dan pembiayaan dari berbagai sumber alternatif perbankan maupun non-perbankan.

Dorongan tersebut berupa pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) Kluster oleh perbankan bagi anggota koperasi dengan bunga kompetitif, serta akses pembiayaan LPDB-KUMKM dengan mandat penyaluran 100 persen kepada Koperasi agar memiliki likuiditas yang cukup, guna berproduksi dan melakukan pembiayaan ke anggota.

“Koperasi sebagai agregator dan akselerator ekonomi anggota berpotensi menghadirkan banyak kemanfaatan,” ucap Darsafani beberapa waktu lalu.

Namun, kata Darsafani, Koperasi memiliki sejumlah tantangan, antara lain perkembangan bisnis yang berjalan lambat sementara korporasi berjalan cepat dan masih minim partisipasi masyarakat menjadi anggota Koperasi.

Di sisi lain, lanjutnya, ada sejumlah Koperasi bermasalah.

“Koperasi bermasalah berdampak pada sulitnya para anggota mencairkan dananya, serta semakin sulitnya kepercayaan masyarakat ke Koperasi.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : HB/ADV

Editor : Lukman

(Visited 63 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!