Dispar Kutim Gelar Pelatihan Tata Kelola Destinasi di Sangatta

Nurullah: Diperlukan Pengetahuan dan Pengalaman

0 408

DETAKKaltim.Com, SANGATTA: Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) terus melakukan terobosan untuk mendongkrak pariwisata daerah, agar lebih maju dan dikenal kalangan umum.

Sejumlah upaya dilaksanakan, termasuk dengan memberikan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata yang telah dilaksanakan Dinas Pariwisata Kutim di Hotel Royal Victoria Sangatta Utara, Jum’at (19/5/2023).

Sebanyak 75 peserta ikut ambil bagian dalam pelatihan tersebut. Hal ini bertujuan agar geliat pariwisata yang ada di Kutim bisa lebih maksimal, mengingat pengelolaan destinasi wisata merupakan tanggungjawab banyak pihak.

Bukan sekadar promosi saja, melainkan kelestariannyapun menjadi perhatian dan tanggungjawab semua elemen. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kutim Nurullah.

Nurullah juga menyebut, pariwisata menyumbang kontribusi yang sangat besar bagi sebuah negara. Bahkan sebagai salah satu sektor penggerak perekonomian, baik itu dari sisi pemasaran, destinasi, industri, dan juga kelembagaan.

“Maka dari itu, untuk menjalankan atau mendirikan suatu usaha, diperlukan pengetahuan dan pengalaman yang memadai dalam pengembangan perekonomian pariwisata,” ungkapnya.

Baca Juga:

Adapun penyusunan paket kunjungan wisata, Nurullah menyebutkan, untuk menunjang daya saing pariwisata, diperlukan strategi branding produk wisata, penetapan harga jual produk usaha, serta penerapan pasar destinasi.

Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata berlangsung sejak 19-21 Mei 2023. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Bappeda Kutim Noviari Noor, perwakilan Perangkat Daerah (PD) dan undangan lainnya.

Nurullah berharap, dengan adanya pelatihan para peserta yang berasal Pokdarwis, pelaku usaha pariwisata, penggiat wisata, serta pencinta alam yang ada di Kutim, bisa meningkatkan kapasitas dalam pengelolaan pariwisata yang ada.

“Kami harap geliat dunia pariwisata bisa memberikan dampak banyak, terutama untuk rakyat.” ujar Nurullah menandaskan. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/Adv.Diskominfo Kutim

Editor: Lukman

(Visited 59 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!