Dispar Kutim Tutup Workshop Tari Pedalaman Kreasi

Nurullah: Kegiatan Seperti Ini Harus Ada Terus

0 169

DETAKKaltim.Com, SANGATTA: Usai sudah kegiatan Workshop Tari Pedalaman Kreasi, yang dilaksanakan sejak 14-16 Mei 2023 di Hotel Royal Victoria Sangatta. Kepala Dinas Pariwisata Kutai Timur (Kutim) Nurullah resmi menutup kegiatan tersebut, Rabu (17/5/2023).

Workshop Tari Pedalaman Kreasi menghadirkan narasumber dari Sanggar Tari Borneo Etnika, yang berasal dari Samarinda.

Kegiatan ini menggugah animo cukup tinggi, sehingga dapat diikuti oleh 56 peserta yang berasal dari Kecamatan Muara Wahau, Kongbeng, Teluk Pandan, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Sanggar Tari, sekolah juga pelaku seni.

Baca Juga:

Kepala Dinas Pariwisata Nurullah dalam sambutannya mengatakan, Tari Pedalaman ini merupakan kearifan lokal yang mesti dikembangkan dan dilestarikan. Sehingga, kegiatannya penting dilakukan agar mampu meraih bibit unggul.

“Kegiatan seperti ini harus ada terus,” jelas Nurullah.

Lebih lanjut Nurullah menyebutkan, jika ada kegiatan besar para penari dapat diikutsertakan supaya eksistensi kebudayaan yang ada di Kutim semakin dikenal masyarakat luas.

“Harapan kami ketika nanti ada event-event besar, mereka bisa berpartisipasi untuk tampil, misalnya dalam perayaan HUT Kutai Timur atau HUT RI,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Nurullah, untuk mengkoordinir penari akan lebih mudah. Mengingat tanggungjawab kegiatan seperti itu telah ditangani oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD)nya.

“Kalau dulu penari selalu ditangani oleh Dinas Pendidikan, harapan kami ke depan antara Dinas Pendidikan dalam hal ini Bidang Kebudayaan bisa berkolaborasi dengan kami, sehingga tampilan tari ini lebih memukau.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/Adv.Diskominfo Kutim

Editor: Lukman

(Visited 26 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!