Wakil Ketua DPRD Kaltim Sambangi Petani Samboja Panen Raya Buah Naga

Petani Keluhkan Akses dari Kebun, Samsun “Dibekali” Proposal Saat Pulang

0 62

DETAKKaltim.Com, KUTAI KARTANEGARA : Kebahagiaan warga Kelurahan Bukit Merdeka, Kecamatan Samaboja, Kutai Kartanegara (Kukar) terlihat saat salah satu Wakil DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) hadir di tengah-tengah para Petani Buah Naga yang sedang sibuk memetik buah di lahan seluas 30 hektar.

“Alhamdulillah, ternyata benar Bapak Samsun datang,” sorak Kumar, salah satu warga pemilik Kebun Buah Naga menyambut kedatangan Wakil Ketua DPRD Kaltim tersebut.

Warga Petani Kelurahan Bukit Merdeka melaksanakan Panen Raya Buah Naga dengan hasil petikan mencapai 60 Ton. Panen Raya itu tidak menjadi bagian dari kebahagiaan para Petani sepenuhnya. Pasalnya, meski Panen menghasilkan jumlah yang banyak, namun para Petani masih kesulitan dalam mobilisasi buah untuk dipasarkan.

“Kami sangat bersyukur dengan hasil panen ini, namun kami juga masih punya kekurangan. Dan menjadi sulit, karena hasil panen sebanyak ini kami sering kesusahan. Apa lagi kalau hujan. Ini jalan kampung kami yang rusak parah. Pernah mobil angkutan itu keperosok, sampai nggak bisa lewat. Akhirnya buah itu yang banyak yang gagal jual. Kami bagi-bagi di kampung saja dari pada busuk,” cerita Kumar, Minggu (22/8/2021).

Panen Raya itu sudah digelar sejak awal 16 Agustus pekan lalu, hingga saat ini para Petani masih sibuk melakukan panen Buah Naga. Melihat kondisi Petani di Bukit Merdeka, Samsun mengaku prihatin. Bahkan lokasi yang dilaluinya membuat iapun harus berfikir, agar mobilitas Petani dapat berjalan lancar.

“Prihatin sekali, tanggal 16 kemarin saya ikut panen. Nah itu menuju ke sana saja lumayan sulit. Bagaimana dengan kendaraan Petani yang hanya menggunakan mobil Pick Up kecil. Ya saya sangat bersyukur, saat diundang para Petani. Setelah berkelok-kelok dengan jalan yang rusak parah, saya disuguhkan dengan pemandangan yang cantik. Selepas mata memandang itu semua Buah Naga. Kampung ini sangat memiliki potensi,” ujar politisi PDI Perjuangan ini.

Baca Juga :

Tak sendirian, Samsun mengatakan, ia ditemani Lurah setempat. Setelah melihat kondisi tersebutpun, Samsun meminta agar Lurah segera mengawal aspirasi Petani Buah Naga hingga masuk di Musrenbang.

“Kita akan upayakan, ini kalau bisa dikawal juga sama Pak Lurah. Kami siap anggarkan untuk perbaikan jalan. Selama ini yang saya tahu, para Petani berjuang secara mandiri. Pemerintah harus hadir di tengah mereka,” tegas wakil rakyat dari Daerah Pemilihan Kutai Kartanegara ini.

Saat menuju pulang, Samsun langsung disodorkan proposal oleh para Petani.

“Alhamdulillah, panen ini saya dapat oleh-oleh dari Petani. Saya dibungkusi Proposal usulan perbaikan jalan, hahahahaha. Kita pasti kawal.” pungkas Samsun sembari merangkul para Petani. (DETAKKaltim.Com)

Sumber : Rilis PDIP

Editor    : Lukman

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!