Wakil Ketua DPRD Kaltim Dukung Pemekaran 2 Kecamatan di Kukar

Samsun : Ini Tentu Hal Positif Bagi Masyarakat

0 92

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Muhammad Samsun mendukung penuh pemekaran 2 Kecamatan di Kutai Kertanegara.

Kedua Kecamatan itu, Kecamatan Samboja dan Kota Bangun. Dengan demikian, total Kecamatan yang ada di Kukar menjadi 20 Kecamatan dari sebelumnya 18 Kecamatan.

“Ini tentu hal positif bagi masyarakat, yakni mendekatkan akes pelayanan publik ke masyarakat dan diharapkan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat. Sebagai anggota DPRD Kaltim, dari Fraksi PDIP Dapil Kukar saya sangat sambut baik dan mendukung sepenuhnya,” ungkap Samsun, Senin (19/4/2021).

Samsun menjelaskan, keputusan memekarkan 2 Kecamatan baru itu melalui proses panjang. Sebab, semua persyaratan administrasi harus dipenuhi terdahulu. Misalnya, batas wilayah adminitrasi, jumlah penduduk, jumlah Kelurahan dan lain-lain.

“Persiapan itu memakan waktu lama,” terang dia kepada DETAKKaltim.Com.

Saat ini, semua persiapan jelang finalisasi. Sebab, Pemkab dan DPRD sudah bersurat ke Gubernur Kaltim, kemudian di Presiden melalui Menteri Dalam Negeri.

“Mendagri sudah menentukan kode wilayah dua kecamatan tersebut,” terang dia.

Ketua Pansus pemekaran Samboja dan Kota Bangun Hamdan menambahkan, bergulirnya wacana pemekaran ini sejak 15 tahun lalu.

“Cuma proses realisasinya baru terkabulkan saat ini,” kata dia.

Perihal syarat dan aturan, kata Hamdan, sudah memenuhi ketentuan Perundangan-Undangan yang ada. (DK.Com)

Penulis : Zaki

Editor   : Lukman

(Visited 31 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!