Upacara Hari Kesaktian Pancasila, 210 Prajurit Korem 091/ASN Naik Pangkat

0 87

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2017, Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) melaksanakan upacara dan Korps Raport kenaikan pangkat bagi Prajurit jajaran Korem 091/ASN di lapangan upacara Makorem 091/ASN Jln Gajah Mada, Samarinda, Kaltim, Minggu (1/10/2017).

Bertindak selaku inspektur upacara Danrem 091/ASN Brigjen TNI Irham Waroihan, sedangkan pelaksanaan upacara ini diikuti Kasi Korem 091/ASN, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 091 PD VI/Mulawarman beserta segenap pengurus, Dansat/Kabalak Aju, Perwira, Bintara, Tamtama dan  Aparatur Sipil Negara (ASN) jajaran Korem 091/ASN, ditambah dua peleton prajurit Yonif 611/Awang Long

Perwira Upacara Kapenrem 091/ASN Mayor Czi Gathut Aryo Saputro, sedangkan Komandan Upacara Pasi Log Korem 091/ASN Mayor Inf Venus. Untuk pembaca Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945,  Letda Cba Lilik Hartoyo, pembaca ikrar oleh Lettu Cpm Andika, dan pembaca doa Kapten Inf Utama.

Dalam pelaksanaan upacara diawali dengan pembacaan teks Pancasila oleh Danrem 091/ASN yang diikuti seluruh peserta upacara.

Pada upacara tersebut dibacakan pula pembacaan ikrar, “Bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada  kenyataannya banyak terjadi rongrongan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Rongrongan tersebut karena kelengahan, kurang kewaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara, dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia“.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan setiap tanggal 1 Oktober, dilaksanakan untuk mengenang sejarah tragedi atas gugurnya putra-putra terbaik bangsa akibat dari tragedi G30S/PKI pada tahun 1965, merupakan bentuk penyelewengan PKI terhadap pemerintahan RI dalam mempertahankan ideologi Pancasila sebagai falsafah Bangsa Indonesia.

Upacara dilanjutkan Korps Raport 210 prajurit jajaran Korem 091/ASN yang naik pangkat pada periode 1 Oktober 2017,  terdiri dari Pamen 2 orang, Pama 10 orang, Bintara 102 orang, dan Tamtama 96 orang.

Danrem 091/ASN Brigjen TNI Irham Waroihan dalam amanatnya  menyampaikan bahwa, kenaikan pangkat bagi setiap prajurit bukanlah merupakan sesuatu penghargaan yang diberikan secara otomatis, tetapi melalui suatu rangkaian penilaian yang telah diatur dan ditetapkan kriteria yang ketat.

“Di antaranya prajurit tersebut harus mampu menunjukkan moralitas, prestasi dan dedikasi yang tinggi dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab jabatannya serta dalam kehidupannya sehari-hari. Apabila kriteria tersebut telah dapat dipenuhi dalam masa dinas tertentu, maka prajurit patut mendapat kepercayaan dan kehormatan dari negara dan bangsa berupa kenaikan pangkat yang lebih tinggi. Untuk itu kenaikan pangkat diharapkan diikuti dengan kinerja yang semakin baik dalam rangka mendukung tugas pokok satuan,” jelasnya.

Danrem menambahkan bahwa, bagi prajurit yang pada periode ini menerima kenaikan pangkat, mereka semua sudah melalui suatu proses usulan dari satuan bawah ke satuan atas.

“Berdasarkan penilaian beberapa kriteria meliputi kelengkapan administrasi, bersih dari sanksi-sanksi pelanggaran, kondisi kesamaptaan jasmani yang baik, memenuhi ketentuan norma disiplin dan profesionalisme (kecakapan dan keterampilan) serta prestasi kerja yang baik, di samping pembinaan terhadap keluarga yang baik pula, yang dilandasi Sapta Marga dan Sumpah  Prajurit serta 8 Wajib TNI,” tandas Danrem. (Penrem 091/ASN/LVL)

(Visited 2 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!