Tingkat Pengangguran Terbuka Kaltim 6,8 Persen

Kaltim Peringkat Ke-3 Jumlah Angkatan Kerja Kegiatan Formal

0 185

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Jumlah  angkatan kerja di Kaltim seperti diketahui berdasarkan dari Data SAKERNAS (Survei Angkatan Kerja Nasional) Kaltim 2021, mencapai 1.846.504 orang.

Sedangkan jumlah penduduk yang bekerja adalah 1.720. 361, dari jumlah tersebut nilai TPT (Tingkat Pengangguran Terbuka) Kaltim 2022 adalah 6,8 persen.

Demikian dijelaskan Rozani Erawadi, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kaltim kala dimintai tanggapannya terkait tingkat pengangguran di Kaltim belum lama ini.

Ia mengatakan, jika dilihat antara penduduk yang bekerja dengan angkatan kerja maka selisihnya kurang lebih 126.143 orang.

“Kurang lebih seperti itulah jumlah penduduk Kaltim yang tidak bekerja atau pengangguran, tidak banyak juga sebenarnya,” kata Rozani.

Terlebih ada banyak alasan kenapa mereka belum bekerja, lanjut Rozani, bisa saja karena mereka masih milih-milih pekerjaan atau belum ada yang cocok.

“Bisa juga karena belum lapor atau sudah ada panggilan bekerja, namun belum mau bekerja karena nggak cocok dengan pekerjaan tersebut. Jadi jumlah orang yang belum bekerja tersebut, bukan berarti lowongan kerjanya tidak ada,“ bebernya.

Baca Juga :

Menurut hasil SAKERNAS 2021, masih kata Rozani, jumlah angkatan kerja di Kalimantan Timur di kegiatan formal itu tertinggi nomor 3 Nasional. Ia kemudian menunjukkan  lembaran data SAKERNAS  tersebut.

“Sehingga dengan demikian, angkatan kerja di Kaltim sebenarnya kalau mau bekerja, lowongan pekerjaan itu ada saja,” jelasnya.

Menurutnya, kalau mau dibandingkan antara angkatan kerja dengan penduduk yang bekerja tersebut, jumlahya hanya 10 persen.

“Itupun dengan berbagai faktor kenapa belum bekerja.“ tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : @my

Editor  : Lukman

(Visited 14 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!