Tahun 2023, BLKI Balikpapan Akan Gelar Pelatihan 1.000 Peserta

63 Paket Pelatihan dengan Anggaran Sekitar Rp10 Milyar

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja, Pemerintah Provinsi Kaltim akan melakukan pelatihan melalui Badan Latihan Kerja Industri (BLKI).

Sesuai kebijakan Gubernur Kaltim Isran Noor, tahun depan BLKI Balikpapan akan membuka kurang lebih 63 paket pelatihan yang bersumber dari APBD Provinsi Kaltim bagi 1.000 orang peserta pelatihan.

“Secara resmi masih belum ditetapkan rancangan anggarannya, yang diperkirakan kurang lebih Rp10 Milyar,” beber Rozani Erawadi, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kaltim kala ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.

Dijelaskan Rozani, para peserta pelatihan berasal dari Kaltim dan memang bisa disalurkan.

“Para peserta pelatihan kita upayakan adalah warga Kaltim, dan kami sudah sampaikan kepada Kepala UPTD BLKI Balikpapan agar 1.000 orang peserta tersebut memang betul-betul bisa kita salurkan,“ kata Rozani.

Ia mencontohkan, misalnya BLKI punya paket latihan seperti Garmen, Processing dan lainnya. Mungkin tidak harus terserap di industri, tapi  bisa diarahkan ke wirausaha.

“Tapi untuk pelatihan automotif, welding kemudian mekanik alat berat dan sebagainya, mudah-mudahan kita bisa bekerja sama dengan industri sehingga tenaga kerja yang kita latih bisa langsung diserap,“ imbuhnya.

Baca Juga :

Anggaran pelatihan yang dikucurkan Pemerintah Provinsi Kaltim tersebut, kata Rozani,  bukan hanya untuk  pelatihan saja tetapi tenaga kerja tersebut bisa diserap oleh industri.

“Jadi nanti kami akan bersama-sama dengan Kepala UPTD BLKI dan industri yang terkait,  berdiskusi kira-kira apa yang diperlukan, karena kalau pelatihan sifatnya umum,“ ucapnya.

Jika bisa mendekatkan syarat-syarat yang diminta industri, lanjutnya, tentu daya serap tenaga kerjanya akan jauh lebih banyak lagi dan ini juga menghemat biaya bagi industri. Karena tenaga kerja yang dibutuhkan, sudah terlatih.

Pelatihan di BLKI ini tidak hanya akan digelar di BLKI Balikpapan saja, namun juga di BLKI Bontang, tapi dengan kapasitas tidak sampai 1.000 peserta.

“Meski pelatihan 1.000 peserta di BLKI Balikpapan ini diharapkan akan jadi program reguler,  namun semua tergantung naik turunnya anggaran.“ pungkas Rozani. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : @my/Adv.Kominfo

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.