Tiga Pasang Bakal Calon Jalur Independen Pilwali Samarinda Serahkan Data

0 140

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Jelang pesta demokrasi 5 tahunan di Kota Samarinda yang akan digelar 23 September 2020, sejumlah kandidat sudah mulai bermunculan. Tak hanya dari kalangan politikus yang maju lewat partai politik, kandidat yang berasal dari jalur independen atau peroranganpun turut bermunculan.

Sejauh ini berdasarkan informasi KPU Samarinda, sudah ada 3 pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda dari Jalur independen yang sudah meminta dibuatkan password dan username, untuk menyerahkan data dukungan ke sistem informasi pencalonan (Silon).

“Ada tiga pasangan calon yang sudah menyerahkan data bakal calon Wali Kota dan wakil Wali Kota. Ketiganya, Zairin Zain dengan Sarwono, Parawansa Assoniwora dengan Markus Taruk Allo dan Siti Qomariah dan Ansharullah,” kata Ihsan Hasani kepada DETAKKaltim.Com, Senin (27/1/2020).

Lanjut Komisioner Bidang Teknis ini, pasangan independen sudah menyerahkan data bakal calon Wali Kota dan wakil Wali Kota.

“Kami berikan password dan username (untuk ke Silon),” terangnya lagi.

Nantinya, KPU akan menunggu para bakal calon untuk menyerahkan data dukungan berbentuk hard copy dari tanggal 19 hingga 23 Februari. Selanjutnya KPU akan menghitung jumlah data dukungan tersebut.

“Nanti mereka menyerahkan data dukungan ke Silon, dari tanggal 19 sampai tanggal 23 Februari berupa hard copy. Nanti kita akan hitung jumlah dukungan dan sebaran, sebenarnya Silon juga sudah bisa kedeteksi. Tapi kita ingin memastikan,” tuturnya.

Bakal calon perseorangan diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada. Dimana untuk Pilwali Samarinda bakal calon tersebut harus menyerahkan sebanyak minimal 43.977 Kartu Tanda Penduduk (KTP) dukungan dari 586.356 DPT yang ada di Samarinda tersebar di 10 Kecamatan.

“Kita akan menghitung jumlah dukungan dan sebaran dengan jumlah 43.977 dukungan KTP dengan sebarannya minimal 10 kecamatan. Kalau dia lolos dia masuk ke tahap selanjutnya, nanti kami hitung data kegandaan dukungan dan verifikasi faktual ke lapangan,” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : Rahman

Editor : Lukman

(Visited 7 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!